Rabu, Juni 19, 2024

Sopir Pikap Kecelakaan Maut di Sukamantri Ciamis Divonis 1 Tahun 10 Bulan Bui

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sopir mobil pikap berinisial EP yang mengalami kecelakaan maut dengan menewaskan 8 penumpang di Sukamantri, Kabupaten Ciamis, telah selesai menjalani sidang. Terdakwa EP mendapat vonis hukuman 1 tahun 10 bulan dan denda Rp10 juta subsidair 1 bulan oleh hakim Pengadilan Negeri Ciamis.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut 3 tahun penjara. Meski demikian, baik jaksa maupun terdakwa sama-sama menerima putusan tersebut.

Sidang tuntutan terdakwa sopir pikap maut itu berlangsung pada Rabu (25/1/2023). Dalam perkara tersebut, terdakwa terbukti melanggar pasal 310 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Vonis 1 tahun 10 bulan. Kalau tuntutan kami 3 tahun. Mungkin melihat banyak pertimbangan lainnya, itu kewenangan hakim, kita menerima,” ujar Dyah Anggraeni.

Dyah menjelaskan ada pun hal yang memberatkan terdakwa adalah hilangnya 8 nyawa dalam kecelakaan pikap maut tersebut. Sedangkan hal yang meringankan, semua pihak keluarga korban sudah memaafkan saat persidangan.

“Kemarin pada persidangan semua sudah memaafkan. Tapi proses hukum tetap berjalan. Ada santunan juga. Kalau sudah memaafkan tentunya kita boleh dzolim juga,” ungkapnya.

Sbelumnya, mobil pikap yang membawa rombongan undangan acara khitanan terjun ke jurang sedalam 30 meter. Peristiwa itu terjadi di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). Delapan orang tewas dalam kejadian tersebut. Polisi pun menetapkan sopir pikap maut jadi tersangka. (CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya