Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

SMK di Ciamis Gelar KBM Terbatas saat Pandemi, Penuhi Target Magang

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SMK di Ciamis, Jawa Barat, mulai melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam masa pandemi, tapi secara terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan magang, siswa kelas XIII jurusan Desain Interior dan Teknik Furniture SMKN 2 Ciamis melaksanakan praktek kerja terbatas.

Meskipun pelaksanaan belajar tatap muka belum diperbolehkan Pemkab Ciamis. Tetapi karena pemenuhan waktu magang atau praktek kerja yang harus dipenuhi akhirnya sekolah menempuh praktek kerja terbatas.

Walaupun demikian, SMK di Ciamis ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaannya. Pantauan di lokasi, sejumlah tempat cuci tangan terpasang disetiap pintu kelas dan sudut sekolah. Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan ketika siswa masuk ke sekolah. 

Bahkan, setiap selain wajib memakai masker, siswa juga diharuskan membawa hand sanitizer sendiri. Pihak sekolah juga membatasi jumlah siswa yang akan magang.

“Dari 34 orang siswa dibentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 8 orang dan melaksanakan magang sehari full,” ujar Ketua Program Desain Interior dan Teknik Furniture, Asep Nurdin saat ditemui di sekolah, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya kebutuhan magang siswa kelas XIII ini selama 8 bulan. Namun dimasa pandemi Covid-19 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, 4 bulan dilaksanakan di sekolah, dan 4 bulan berikutnya dilakukan di perusahaan industri.

“Untuk kelancaran magang ini, kita terapkan protokol kesehatan dengan ketat. Siswa diwajibkan mematuhinya agar terhindar dari virus Covid-19,” jelasnya.

Asep mengaku pihak SMK di Ciamis ini sudah mengantongi izin dari orangtua siswa. Terlebih para orangtua sangat antusias putera-puterinya kembali ke sekolah.

“Dukungan penuh dari orangtua sudah kita dapatkan. Mudah-mudahan saja kedepan pandemi ini segera berakhir sehingga siswa bisa magang di perusahaan atau industri yang sesungguhnya,” ucapnya.

SMK di Ciamis Gelar KBM Terbatas

Sementara itu, Wakasek Hubungan Industri Andi menambahkan kegiatan tatap muka di SMK di Ciamis ini tak hanya dilakukan oleh jurusan Desain Interior dan Teknik Furniture saja. Tapi untuk beberapa jurusan lainnya.

“Untuk nanti setelah melakukan praktek di sekolah selama 4 bulan. Sisanya mungkin kita mengambil perusahaan yang ada di wilayah Priangan timur,” jelasnya. (AY/Djavatoday)

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan...

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...
spot_img

Terpopuler

Lainnya