Senin, Juni 17, 2024

SMK di Ciamis Gelar KBM Terbatas saat Pandemi, Penuhi Target Magang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SMK di Ciamis, Jawa Barat, mulai melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam masa pandemi, tapi secara terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan magang, siswa kelas XIII jurusan Desain Interior dan Teknik Furniture SMKN 2 Ciamis melaksanakan praktek kerja terbatas.

Meskipun pelaksanaan belajar tatap muka belum diperbolehkan Pemkab Ciamis. Tetapi karena pemenuhan waktu magang atau praktek kerja yang harus dipenuhi akhirnya sekolah menempuh praktek kerja terbatas.

Walaupun demikian, SMK di Ciamis ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaannya. Pantauan di lokasi, sejumlah tempat cuci tangan terpasang disetiap pintu kelas dan sudut sekolah. Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan ketika siswa masuk ke sekolah. 

Bahkan, setiap selain wajib memakai masker, siswa juga diharuskan membawa hand sanitizer sendiri. Pihak sekolah juga membatasi jumlah siswa yang akan magang.

“Dari 34 orang siswa dibentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 8 orang dan melaksanakan magang sehari full,” ujar Ketua Program Desain Interior dan Teknik Furniture, Asep Nurdin saat ditemui di sekolah, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya kebutuhan magang siswa kelas XIII ini selama 8 bulan. Namun dimasa pandemi Covid-19 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, 4 bulan dilaksanakan di sekolah, dan 4 bulan berikutnya dilakukan di perusahaan industri.

“Untuk kelancaran magang ini, kita terapkan protokol kesehatan dengan ketat. Siswa diwajibkan mematuhinya agar terhindar dari virus Covid-19,” jelasnya.

Asep mengaku pihak SMK di Ciamis ini sudah mengantongi izin dari orangtua siswa. Terlebih para orangtua sangat antusias putera-puterinya kembali ke sekolah.

“Dukungan penuh dari orangtua sudah kita dapatkan. Mudah-mudahan saja kedepan pandemi ini segera berakhir sehingga siswa bisa magang di perusahaan atau industri yang sesungguhnya,” ucapnya.

SMK di Ciamis Gelar KBM Terbatas

Sementara itu, Wakasek Hubungan Industri Andi menambahkan kegiatan tatap muka di SMK di Ciamis ini tak hanya dilakukan oleh jurusan Desain Interior dan Teknik Furniture saja. Tapi untuk beberapa jurusan lainnya.

“Untuk nanti setelah melakukan praktek di sekolah selama 4 bulan. Sisanya mungkin kita mengambil perusahaan yang ada di wilayah Priangan timur,” jelasnya. (AY/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya