Selasa, Juni 25, 2024

Situ Wangi Winduraja Ciamis Menyimpan Cerita Mistis

Hello Good People, Wisata alam Situ wangi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis menyimpan cerita mistis.

Di area situ yang kini tengah dikembangkan oleh pemrintah setempat tersebut terdapat pantangan. Tidak boleh kencing sembarangan, jika melanggar pantangan tersebut resikonya bisa sampai kehilangan nyawa.

Kejadian tersebut dialami oleh seorang warga Desa Cidewa Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis Hikmat Nurul Syamsi. Ketika menjalankan tugas praktek kuliah di Situ Wangi. Hikmat mengalami kejadian yang hingga saat ini tidak bisa terlupakan.

“Saat itu kita sedang melaksanakan praktek kuliah kemah Dakwah. Saya kebelet kencing, karena lokasi kamar mandi jauh, saya terpaksa kencing di area dekat situ. Sontak saya dimarahi warga setempat, kata warga kencing sembarangan di lokasi itu besoknya langsung meninggal,” kata Hikmat, Jumat (22/1/2021).

Setelah kejadian itu, Hikmat dianjurkan oleh warga setempat untuk tidak terlelap tidur malam itu. Sembari membaca ayat suci Al-Quran sampai pagi didampingi warga setempat.

“Pokoknya, malam itu menjadi malam yang menegangkan dan tidak akan terlupakan. Alhamdulilah setelah mengikuti anjuran warga setempat kita melantunkan Ayat Suci Al-Qruan sepanjang malam tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Hikmat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada warga Situ Wangi Winduraja Ciamis. Warga berpesan kepadanya untuk berhati-hati untuk tidak melakukan hal serupa, serta menjaga etika.

Kemah Dakwah merupakan program praktek pengabdian dan dakwah di tengah masyarakat dari Institut Islam terkemuka di Kabupaten Ciamis.

Mitos di Situ tersebut masih terkenal di kalangan masyarakat Ciamis. Kini lokasi wisata tersebut terus mengalami pengembangan fasilitas dari pemerintah dan swadaya gotong royong masyarakat setempat.

Mitos Situ Wangi Winduraja Ciamis

Sementara itu Warga Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Nurkholis Marwan mengatakan, Situ Wangi merupakan lokasi yang asri.

Sebagai warga Ciamis dari Desa, Nurkholis menjelaskan, sebagai manusia yang diberi kehidupan oleh alam, sudah sewajarnya saling menghargai. Dengan menghormati tatakrama kearifan lokal setempat ketika berada di sebuah wilayan tertentu.

“Kita memiliki suguhan keindahan alam yang perlu disyukuri, salahsatunya di Lokasi Situ Wangi Winduraja Ciamis. Namun keindahan alam itu menjadi tangung jawab kita untuk menjaga, melestarikan dan menghormatinya,” pungkas Nurkholis. (MM/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya