Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Situ Wangi Winduraja Ciamis Menyimpan Cerita Mistis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Hello Good People, Wisata alam Situ wangi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis menyimpan cerita mistis.

Di area situ yang kini tengah dikembangkan oleh pemrintah setempat tersebut terdapat pantangan. Tidak boleh kencing sembarangan, jika melanggar pantangan tersebut resikonya bisa sampai kehilangan nyawa.

Kejadian tersebut dialami oleh seorang warga Desa Cidewa Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis Hikmat Nurul Syamsi. Ketika menjalankan tugas praktek kuliah di Situ Wangi. Hikmat mengalami kejadian yang hingga saat ini tidak bisa terlupakan.

“Saat itu kita sedang melaksanakan praktek kuliah kemah Dakwah. Saya kebelet kencing, karena lokasi kamar mandi jauh, saya terpaksa kencing di area dekat situ. Sontak saya dimarahi warga setempat, kata warga kencing sembarangan di lokasi itu besoknya langsung meninggal,” kata Hikmat, Jumat (22/1/2021).

Setelah kejadian itu, Hikmat dianjurkan oleh warga setempat untuk tidak terlelap tidur malam itu. Sembari membaca ayat suci Al-Quran sampai pagi didampingi warga setempat.

“Pokoknya, malam itu menjadi malam yang menegangkan dan tidak akan terlupakan. Alhamdulilah setelah mengikuti anjuran warga setempat kita melantunkan Ayat Suci Al-Qruan sepanjang malam tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Hikmat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada warga Situ Wangi Winduraja Ciamis. Warga berpesan kepadanya untuk berhati-hati untuk tidak melakukan hal serupa, serta menjaga etika.

Kemah Dakwah merupakan program praktek pengabdian dan dakwah di tengah masyarakat dari Institut Islam terkemuka di Kabupaten Ciamis.

Mitos di Situ tersebut masih terkenal di kalangan masyarakat Ciamis. Kini lokasi wisata tersebut terus mengalami pengembangan fasilitas dari pemerintah dan swadaya gotong royong masyarakat setempat.

Mitos Situ Wangi Winduraja Ciamis

Sementara itu Warga Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Nurkholis Marwan mengatakan, Situ Wangi merupakan lokasi yang asri.

Sebagai warga Ciamis dari Desa, Nurkholis menjelaskan, sebagai manusia yang diberi kehidupan oleh alam, sudah sewajarnya saling menghargai. Dengan menghormati tatakrama kearifan lokal setempat ketika berada di sebuah wilayan tertentu.

“Kita memiliki suguhan keindahan alam yang perlu disyukuri, salahsatunya di Lokasi Situ Wangi Winduraja Ciamis. Namun keindahan alam itu menjadi tangung jawab kita untuk menjaga, melestarikan dan menghormatinya,” pungkas Nurkholis. (MM/Djavatoday)

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Calendar of Event 2024 Diluncurkan, Jadi Ajang Promosi Wisata Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah meluncurkan Calendar of Event 2024 di Gedung Kesenian Ciamis, Selasa (20/2/2024). Dalam kalender itu, terdapat sejumlah...

Sekeluarga Dirawat Di Rumah Sakit Ciamis Diduga Keracunan Usai Makan Jamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hati-hati saat mengkonsumsi jamur liar harus dipastikan beracun atau tidak. Kalau tidak hati-hati bakal bernasib seperti 5 orang sekeluarga di Dusun...

Polisi Ringkus Tiga Komplotan Residivis Pencuri Motor di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil meringkus 3 pelaku pencurian sepeda motor yang beraksi di wilayah Ciamis. Tiga pelaku tersebut merupakan komplotan...

Terpopuler

Lainnya