Senin, Oktober 25, 2021

Sekolah Boleh Tatap Muka saat PPKM Level 3, Ini Kata Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berdasarkan Inmendagri Nomor 30 tahun 2021, pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah saat PPKM level 3 bisa dilakukan terbatas dengan kapasitas 50 persen. Namun sampai saat ini Pemkab Ciamis belum membolehkan sekolah melaksanakan PTM.

“Kami belum bisa melakukan PTM, menunggu petunjuk dari pak Gubernur. Kalau boleh tentunya akan dipersiapkan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Aula Setda Ciamis, Jumat (13/8/2021).

Baca juga:

Herdiat mengatakan ketika sekolah tatap muka saat PPKM level 3 ini bisa dilakukan, tentunya akan diberlakukan secara parsial. Hanya daerah tertentu dengan kondisi kasus landai saja yang bisa melaksanakan PTM.

“Kalau diizinkan tatap muka tentunya diberlakukan dengan zonasi. Hanya kecamatan atau desa yang level 1 dan level 2 saja yang bisa melaksanakannya. Itu juga harus dengan protokol kesehatan ketat,” kata Herdiat.

Sedangkan untuk level 3 apalagi level 4, Herdiat pun tidak mengizinkan pelaksanaan PTM di sekolah. Ia khawatir dengan keselamatan para siswa terpapar virus Corona.

“Kita tidak izinkan kalau daerahnya level 3 dan 4, tidak ingin ambil risiko. Ada beberapa daerah di Ciamis yang kondisinya sudah level 2 dan level 1,” ungkapnya.

Menurut Herdiat, sekolah tatap muka secara parsial ketika PPKM level 3 ini bisa saja dilakukan seperti yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Meski sekolah sudah boleh dibuka, namun sejumlah sekolah di Ciamis digunakan untuk isolasi terpusat kecamatan. Herdiat menegaskan tidak perlu khawatir, sebelum digunakan Pemkab Ciamis akan melakukan sterilisasi terlebih dulu.

“Tidak perlu khawatir, saya bertanggung jawab. Sekolah yang digunakan sebagai isolasi terpusat kecamatan akan kami sterilisasi terlebih dulu sebelum dipakai para siswa,” tegasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU