Senin, September 27, 2021

Rumah di Ciamis Ambruk Setelah Diguyur Hujan Deras

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah rumah semi permanen di Dusun Cukanguncal, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya, Ciamis, Jawa Barat ambruk setelah diguyur hujan deras, Rabu (15/9/2021). Beruntung pemiliknya selamat dan tidak menimbulkan korban.

Memet Hikmat, Kabid Darlog BPBD Ciamis, mengatakan kondisi rumah tersebut terbuat dari kayu dan bambu. Karena sudah tua dan lapuk sehingga saat diguyur hujan terus menerus mengakibatkan ambruk.

Baca juga:

“Setelah diguyur hujan beberapa hari ini membuat rumah yang berbahan kayu dan bambu di Desa Tanjungsari, Sadananya Ciamis ini ambruk,” jelasnya.

Memet mengatakan dalam kejadian rumah ambruk ini tidak ada korban jiwa. Sebab, ketika peristiwa itu terjadi, rumah dalam keadaan kosong. Pemiliknya bernama Oyoh sedang berada di luar.

“Setelah kejadian warga langsung bergotong-royong membantu membersihkan material rumah ambruk. Sedangkan pemiliknya mengungsi ke rumah tetangganya karena kondisinya rusak parah tak bisa ditempati,” katanya.

Dalam upaya meminimalisir bencana saat musim hujan, BPBD Ciamis telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada. Upaya yang dilakukan dengan membersihkan saluran air, selokan, kolam hingga sungai dari sampah.

“Salah satu bencana yang terjadi di musim hujan adalah banjir. Jadi pastikan sampah tidak ada yang menghambat saluran air. Pohon-pohon tinggi sekitar rumah sebaiknya dipangkas atau ditebang. Warga harus tetap waspada, seperti permukiman yang berada disekitar tebing dan rawan longsor,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU