Jumat, Mei 24, 2024

Revitalisasi Alun-alun Ciamis, Wakil Ketua DPRD: Potensi Daya Tarik Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Alun-alun Ciamis saat ini sedang dilakukan revitalisasi atau penataan oleh Pemprov Jabar. Namun pengerjaannya saat ini belum rampung karena adanya pekerjaan tambahan.

Rencananya penataan Alun-alun Ciamis bakal selesai pada 19 September 2023. Sebelum ada perpanjangan waktu, Alun-alun Ciamis dijadwalkan selesai pada 5 September 2023.

Warga Tatar Galuh Ciamis pun banyak yang bertanya kapan penataan Alun-alun Ciamis selesai. Mereka sudah tak sabar untuk melihat wajah baru Taman terbesar di Ciamis tersebut.

Bahkan sejumlah anggota DPRD Ciamis pun sempat meninjau pengerjaan revitalisasi Alun-alun Ciamis tersebut. Salah satunya wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail.

Menurut Sopwan, masyarakat Tatar Galuh Ciamis banyak yang bertanya kapan Alun-alun Ciamis dibuka lagi. Pertanyaan itu wajar, mengingat Alun-alun Ciamis merupakan salah satu ruang terbuka yang menjadi andalan masyarakat untuk berekreasi.

“Dengan proyek revitalisasi yang sedang berlangsung, warga Ciamis dan pengunjung lain bisa bersiap-siap untuk menyaksikan wajah baru dari Alun-alun. Yang memang telah lama menjadi bagian dari sejarah dan kehidupan sehari-hari warga Tatar Galuh,” ungkap Sopwan Ismail, Rabu (6/9/2023).

Sopwan berharap, dengan selesainya revitalisasi Alun-alun Ciamis ini dapat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat. Tidak hanya sebagai tempat berkumpul masyarakat namun juga menjadi sebuah daya tarik wisata bagi warga luar daerah.

“Dengan menjadi daya tarik wisata, Alun-alun Ciamis bisa menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Sopwan.

Sopwan meyakini, wajah baru Alun-alun Ciamis akan menciptakan peluang usaha baru. Mulai dari pedagang kaki lima, warung makanan dan bermanfaat untuk toko-toko sekitarnya.

“Walau pun tentu pada saat yang sama perlu penataan yang baik agar semua pihak merasa diuntungkan. Pemda juga akan memperhatikan aspek-aspek lainnya guna meminimalkan dampak sosial maupun lingkungan yang mungkin timbul,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya