Minggu, Juli 21, 2024

Resep Cumi Bakar Asam Manis, Enaknya Menggugah Selera

Resep cumi bakar kini bisa kamu lakukan sendiri di rumah, loh. Tak perlu repot-repot pergi ke tempat makan di luar sana. Cumi bakar memang menjadi salah satu menu favorit di restoran seafood. Dengan hanya melihatnya saja kamu pasti sudah ngiler dibuatnya.

Cara mengolah cumi tergolong tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memasaknya dalam waktu yang sebentar. Sebab, jika dimasak terlalu lama justru akan membuat daging cumi menjadi alot.

Nah salah satu pengolahan daging cumi ialah dengan cara membakarnya. Makanan yang diolah dengan cara dibakar terbilang lebih sehat dibanding dengan digoreng. Pada artikel kali ini, kita akan mencoba memasak cumi bakar asam manis yang lezat.

Resep Cumi Bakar Asam Manis

Berikut resep cumi bakar asam manis yang lezat dan menggugah selera.

Manfaat daging cumi

Resep cumi bakar asam manis bisa membuat setiap orang menjadi ketagihan. Selain itu, daging cumi juga memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat daging cumi di antaranya yaitu dapat mendukung fungsi otak dan sistem saraf, pembentukan sel darah merah, membantu menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Bahan pembuat cumi bakar asam manis

Bahan untuk membuat cumi bakar asam manis tidak terlalu ribet, kok. Kamu bisa menemukan bahan-bahan ini di pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk membuat cumi bakar asam manis, berikut bahan yang harus kamu persiapkan.

  • 1 ½ kg cumi ukuran sedang
  • 200 gram saus tomat
  • 4 sdm saus sambal
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 1 buah bawang bombai yang sudah dicincang halus
  • 4 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 4 sdt kecap manis

Cara membuat cumi bakar asam manis

Resep cumi bakar bisa kita lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap pembuatan. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memahami step by stepnya dengan baik. Berikut cara membuat cumi bakar asam manis.

  1. Bersihkan cumi terlebih dahulu. Pastikan cumi sudah bersih dari tinta dan juga tulang rawannya. Tusuk daging cumi ke dalam tusukkan sate dan sisihkan. Kamu bisa memotong daging membentuk cincin atau langsung menusukkannya ke tusuk sate.
  2. Masukkan saus tomat, saus sambal, air jeruk nipis, bawang bombai, bawang putih, garam, gula pasir, margarin, dan kecap ke dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan cumi ke dalam campuran bahan tadi. Aduk rata dan diamkan selama satu jam di dalam kulkas.
  4. Panaskan wajan grill. Masak cumi sambil dioles saus yang sudah dibuat. Bolak-balik hingga matang.
  5. Cumi bakar asam manis siap disajikan.

Resep cumi bakar di atas bisa langsung kamu coba, ya, Sobat Djava. Selamat memasak. (Ume/Djavatoday)

Buka Muskercab, Pj Bupati Ciamis Apresiasi NU dalam Membangun Persatuan Bangsa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna resmi membuka Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) II Nahdlatul Ulama Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor...

Upaya Dinas Perpustakaan Ciamis Menambah Koleksi Arsip Statis Sejarah Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Ciamis terus berupaya untuk menambah koleksi arsip tentang sejarah daerah. Mengingat saat ini arsip mengenai sejarah...

Tata Cara Mendaftar Menjadi Anggota Perpustakaan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, tentu bisa mendapatkan segudang pengetahuan. Hasilnya wawasan pun bertambah. Untuk membaca buku di Perpustakaan...

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya