Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Rawan Tumbang, Pemkab Ciamis Akan Ganti Pohon Trembesi di Trotoar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pohon Trembesi di pinggir jalan perkotaan Ciamis, Jawa Barat, rawan tumbang. Sejumlah kejadian pohon tumbang menimpa jalan hingga merusak mobil dan mengganggu lalu lintas saat musim hujan.

Seperti pada Jumat (22/10/2021) lalu, sebuah pohon trembesi tumbang ke jalan Ahmad Yani Ciamis (depan Bank Mandiri) dan menimpa sebuah mobil kijang yang sedang parkir saat hujan deras. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kondisi mobil rusak.

Baca juga:

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis berencana mengganti pohon trembesi itu.

“Mengganti pohon trembesi ini dengan pohon yang relatif lebih kuat. Tapi untuk menggantinya memang perlu proses dan waktu. Akan lakukan pengkajian dan rekayasa. Supaya lingkungan tetap asri dan keamanan paling utama,” ujar Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar, Senin (25/10/2021).

Taufik menjelaskan ada beberapa pohon yang cocok untuk ditanam di pinggir jalan. Seperti pohon tabebuya dan pohon bungur yang memiliki akar kokoh dan kuat.

“Dua pohon itu sangar bagus untuk penyerapan polusi udara sekaligus kuat. Memang trembesi juga bagus untuk menyerap polusi udara hanya saja kurang cocok di pinggiran jalan. Trembesi lebih cocok terpusat seperti taman hutan kota secara berkelompok,” jelas Taufik.

Dalam jangka pendek ini guna mengantisipasi pohon tumbang, DPRKPLH menerjunkan tim penyisir pohon untuk melakukan pemangkasan. Kondisi pohon trembesi di jalan perkotaan Ciamis sudah besar dan miring ke jalan. Bahkan ada beberapa akar pohon sudah muncul ke permukaan dan merusak trotoar.

“Kami upaya melakukan pemangkasan untuk pohon yang sekiranya membahayakan dan rawan tumbang. Kami juga mengimbau agar tidak parkir di bawah pohon,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU