Minggu, Mei 26, 2024

Rawan Bencana, Pemkab Ciamis Apel Sinergitas Hadapi Bencana

Ciamis (Djavatoday.com) – Saat ini sejumlah bencana akibat curah hujan tinggi terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk itu, Pemkab Ciamis meningkatkan kesiagaan dengan melakukan apel sinergitas penanggulangan bencana bersama Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, BPBD di halaman Pendopo, Selasa (27/10/2020). Ciamis termasuk daerah rawan bencana.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan menurut informasi BNPB Ciamis berada pada posisi 16 tingkat nasional dan posisi 5 tingkat provinsi dalam kerawaran bencana. Bahkan sejak beberapa hari ini telah terjadi beberapa bencana seperti longsor dan banjir.

“Banyak potensi dan rawan bencana di Ciamis seperti tanah longsor, banjir dan angin kencang. Untuk itu dengan sinergitas ini kita harus siaga untuk mengatasi bencana,” ujar Herdiat.

Herdiat mengajak seluruh pihak dari pemerintah, BUMD, BUMN dan swasta untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Dengan sinergitas ini diharapkan dapat memfasilitasi ruang partisipasi seluruh pihak dan memobilisasi  berbagai sumber yang ada untuk melakukan penanganan bencana darurat,” terangnya.

Herdiat mengataka cuaca sekarang begitu ekstrem sehingga rawan bencana. Saat ini yang telah dan sedang terjadi adalah bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah. Yakni Kecamatan Banjarsari, Lakbok dan Kecamatan Purwadadi. Selain banjir juga terjadi longsor di beberapa titik.

“Saya harapkan semua pihak membantu mensosialisasikan ke masyarakat agar waspada  menghadapi potensi bencana alam yang kapanpun bisa terjadi. Karena Ciamis salah satu daerah rawan bencana,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya