Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rawan Bencana, Pemkab Ciamis Apel Sinergitas Hadapi Bencana

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com) – Saat ini sejumlah bencana akibat curah hujan tinggi terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk itu, Pemkab Ciamis meningkatkan kesiagaan dengan melakukan apel sinergitas penanggulangan bencana bersama Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, BPBD di halaman Pendopo, Selasa (27/10/2020). Ciamis termasuk daerah rawan bencana.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan menurut informasi BNPB Ciamis berada pada posisi 16 tingkat nasional dan posisi 5 tingkat provinsi dalam kerawaran bencana. Bahkan sejak beberapa hari ini telah terjadi beberapa bencana seperti longsor dan banjir.

“Banyak potensi dan rawan bencana di Ciamis seperti tanah longsor, banjir dan angin kencang. Untuk itu dengan sinergitas ini kita harus siaga untuk mengatasi bencana,” ujar Herdiat.

Herdiat mengajak seluruh pihak dari pemerintah, BUMD, BUMN dan swasta untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Dengan sinergitas ini diharapkan dapat memfasilitasi ruang partisipasi seluruh pihak dan memobilisasi  berbagai sumber yang ada untuk melakukan penanganan bencana darurat,” terangnya.

Herdiat mengataka cuaca sekarang begitu ekstrem sehingga rawan bencana. Saat ini yang telah dan sedang terjadi adalah bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah. Yakni Kecamatan Banjarsari, Lakbok dan Kecamatan Purwadadi. Selain banjir juga terjadi longsor di beberapa titik.

“Saya harapkan semua pihak membantu mensosialisasikan ke masyarakat agar waspada  menghadapi potensi bencana alam yang kapanpun bisa terjadi. Karena Ciamis salah satu daerah rawan bencana,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan...

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...
spot_img

Terpopuler

Lainnya