Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Puskesmas di Ciamis Melakukan Simulasi Vaksinasi Covid19

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai melakukan simulasi vaksinasi Covid19. Seperti yang dilaksanakan di Puskesmas Cipaku, Kecamatan Cipaku, Jumat (8/1/2020). Suntik vaksin Covid19 diprioritaskan.

Proses simulasi dimulai nakes menuju tempat yang telah ditentukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian satu per satu nakes yang sebelumnya registrasi dan mendapat SMS dari Covid19 Center. Lalu menunjukan SMS tersebut kepada petugas di meja satu.

Setelah dicek dan lolos verifikasi, kemudian nakes penerima vaksin menuju meja dua tempat skrining. Petugas memberikan sejumlah pertanyaan utamanya terkait penyakit yang diderita.

Ketika tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbit bisa lanjut ke ruang vaksinasi. Namun bila ada penyakit penyerta, seperti kanker, jantung, TBC, diabetes dan ibu hamil menyusui tidak bisa dilanjutkan.

Vaksinasi atau imunisasi vaksin Covid19 dilakukan di meja 3. Setelah selesai, dilanjutkan ke meja 4 pencatatan dan observasi. Nakes lalu diberikan edukasi untuk menjaga Prokes. Nakes tersebut diminta tunggu selama 20 menit untuk dilakukan observasi. Bila tidak terjadi gejala pasca vaksinasi, Nakes akan diberikan sertifikat dan buku vaksin.

“Kami telah melakukan simulasi vaksinasi Covid19. Pada intinya kami telah siap melaksanakannya tinggal menunggu waktu yang ditetapkan,” ujar Kepala Puskesmas Cipaku Dikdik Ahnad Sudikman.

Dikdik mengatakan untuk tahap pertama ini ada 61 tenaga kesehatan di Puskesmas Cipaku yang akan menjalani vaksinasi. Semua telah melaksanakan registrasi dan mendapat SMS dari COVID-19 Center.

“Jadi setelah selesai disuntik, Nakes akan diam dulu 20 menit untuk diobservasi takut terjadi gejala setelah vaksinasi. Semoga Simulasi Vaksinasi Covid19 di Ciamis berjalan aman dan lancar saat waktunya nanti,” katanya. (Cecep/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Terpopuler

Lainnya