Selasa, Juli 23, 2024

Puskesmas di Ciamis Melakukan Simulasi Vaksinasi Covid19

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai melakukan simulasi vaksinasi Covid19. Seperti yang dilaksanakan di Puskesmas Cipaku, Kecamatan Cipaku, Jumat (8/1/2020). Suntik vaksin Covid19 diprioritaskan.

Proses simulasi dimulai nakes menuju tempat yang telah ditentukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian satu per satu nakes yang sebelumnya registrasi dan mendapat SMS dari Covid19 Center. Lalu menunjukan SMS tersebut kepada petugas di meja satu.

Setelah dicek dan lolos verifikasi, kemudian nakes penerima vaksin menuju meja dua tempat skrining. Petugas memberikan sejumlah pertanyaan utamanya terkait penyakit yang diderita.

Ketika tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbit bisa lanjut ke ruang vaksinasi. Namun bila ada penyakit penyerta, seperti kanker, jantung, TBC, diabetes dan ibu hamil menyusui tidak bisa dilanjutkan.

Vaksinasi atau imunisasi vaksin Covid19 dilakukan di meja 3. Setelah selesai, dilanjutkan ke meja 4 pencatatan dan observasi. Nakes lalu diberikan edukasi untuk menjaga Prokes. Nakes tersebut diminta tunggu selama 20 menit untuk dilakukan observasi. Bila tidak terjadi gejala pasca vaksinasi, Nakes akan diberikan sertifikat dan buku vaksin.

“Kami telah melakukan simulasi vaksinasi Covid19. Pada intinya kami telah siap melaksanakannya tinggal menunggu waktu yang ditetapkan,” ujar Kepala Puskesmas Cipaku Dikdik Ahnad Sudikman.

Dikdik mengatakan untuk tahap pertama ini ada 61 tenaga kesehatan di Puskesmas Cipaku yang akan menjalani vaksinasi. Semua telah melaksanakan registrasi dan mendapat SMS dari COVID-19 Center.

“Jadi setelah selesai disuntik, Nakes akan diam dulu 20 menit untuk diobservasi takut terjadi gejala setelah vaksinasi. Semoga Simulasi Vaksinasi Covid19 di Ciamis berjalan aman dan lancar saat waktunya nanti,” katanya. (Cecep/Djavatoday)

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...

Pilkada 2024, Ketua Korpri Ciamis Imbau ASN Jaga Netralitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Korpri Ciamis, Erwan Darmawan mengimbau kepada ASN di Kabupaten Ciamis agar dapat menjaga netralitas dalam Pilkada tahun 2024. "Jaga kondusifitas daerah...

Tips Melancarkan Haid, No Sakit-sakit Lagi!

Tips melancarkan haid bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengalami fase menstruasi atau sering mengalami sakit saat menstruasi.
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya