Selasa, Juli 23, 2024

Polres Ciamis Amankan Pemuda Pengedar 48 ribu Obat Hexymer

Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda pengangguran berinisial DK (30) warga Lagadar, Marga Asih Kota Bandung diamankan Satnarkoba Polres Ciamis. DK diciduk karena kedapatan mengedarkan obat keras daftar G Hexymer tanpa izin di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam kesehariannya DK tidak bekerja. Untuk mencukupi kebutuhannya sehari – hari dia hanya mengandalkan berjualan obat keras yang dijual ke kalangan remaja dan pelajar.

“Tersangka ditangkap di kawasan Alun-alun Ciamis dengan barang bukti obat Hexymer sebanyak 48 toples berisi 48.000 butir pil,” ujar Kapolres Ciamis, AKBP Dony Putra saat konfrensi pers di Mapolres Ciamis, Rabu (4/11/2020).

Dikatakan Dony, tersangka memperoleh obat tersebut dari jual beli online melalui akun facebook. Pemilik facebook ini diketahui berasal dari wilayah Sukabumi.

“Awalnya tersangka memesan 5 toples, kemudian 7 toples dan terakhir 48 toples. Berdasarkan hasil pendalaman, tersangka telah 10 kali mengedarkan obat pil berwarna kuning itu di wilayah Ciamis,” jelasnya.

Menurutnya, pelaku membeli 1 toples seharga Rp 330 ribu. Kemudian dijual lagi Rp 450 ribu dengan keuntungan per toples Rp 120 ribu.

“Dari hasil penjualan obat tersebut tersangka mendapat keuntungan sekitar 5,7 juta,” imbuhnya.

Dony menuturkan pembelian Hexymer ini harus dengan resep dokter. Kegunaannya untuk mengatasi kejang untuk penderita Parkinson yang dapat mempengaruhi gerakan agar mereda.

Sedangkan untuk pemakaian dalam dosis tinggi, obat ini menyebabkan kebingungan, halusinasi, gelisah, hilang ingatan, euforia dan gangguan kejiwaan.

Tersangka dijerat dengan pasal 196 jo pasal 197  Undang-undang RI nomor 36 tahun 2009, tentang kesehatan. Tersangka terancaman hukuman penjara 15 tahun dan denda Rp 1,5 milyar. (AY/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Hajat Bumi Cariu Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Dusun Cariu, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Hajat Bumi. Tradisi tersebut digelar setiap Bulan Muharram. Hajat Bumi Cariu...

Cegah Terjadinya Tiga Dosa Besar, Disdik Ciamis Mempunyai TPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya pencegahan terjadinya tiga dosa besar di lingkungan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis mempunyai Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK). Kabid GTK...

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya