Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pertarungan Pasutri dan Bapak-Anak Ramaikan Pilkades Serentak Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perhelatan Pilkades Serentak Ciamis, Jawa Barat, diwarnai dengan pertarungan suami-istri dan bapak-anak yang bersaing jadi kepala desa, Sabtu (19/12/2020).

Ada bapak-anak di Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya, bersaing. Sang ayah Jalil Kurdiana yang merupakan petahana harus berhadapan dengan anaknya Herdi Hidayat.

Ada pula pasangan suami-istri (Pasutri) yang  bersaing pada pesta demokrasi tingkat desa. Di Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti ada pasutri Haerudin dan Yuliani. Jjuga di Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan yakni Nana Juhana (suami) dan Dian Rahmawati (istri).

Kenapa bisa terjadi demikian dalam perhelatan Pilkades Serentak Ciamis? Hal itu karena di desa tersebut tidak ada warga lainnya yang turut mendaptar. Apabila hanya 1 calon yang daftar maka Pilkades tak dapat dilaksanakan. Supaya Pilkades tetap berjalan, maka kandidat pertama mempersiapkan anggota keluarganya sebagai rivalnya.

Kabid Pemdes DPMD Ciamis Risa Sugara menyatakan kondisi itu diperbolehkan. Yang mana satu anggota keluarga bisa bersaing dalam Pilkades. Selama aturan diiikut hal tersebut sah-sah saja.

“Pada aturan Pilkades serentak Ciamis ini tidak ada larangan anak dan bapak mencalonkan, atau pun suami isteri. Siapa saja punya hak sama,: ujar Risa, Sabtu (19/12/2020).

Calon Kades Bendasari, Jalil Kurdiana, yang kini kembali terpilih, mengatakan banyak warga di wilayahnya kembali mendorongnya jadi kepala desa. Tapi warga memprediksi ketika ia daftar tidak akan ada warga lain yang daftar.

“Sehingga pada saat mau penutupan pendaftaran. Anak saya yang pertama mengajukan formulir pendaftaran. Akhirnya saya dan anak bersaing di Pilkades. Kami pun sama-sama melakukan sosialisasi atau kampanye,” jelasnya.

Calon di Desa Padamulya, Cihaurbeuti, Haerudin yang bersaing dengan istrinya menyatakan hal yang sama. Sampai detik-detik terakhir pendaftaran tak ada lagi warga yang daftar akhirnya ia meminta istrinya menyalonkan diri supaya Pilkades tetap beralan.

“Sebetulnya saya tidak ambisius untuk jadi Kades. Malah mendorong tokoh warga maju, tapi mereka malah meminta saya menyalonkan diri. Ini demi terlaksana Pilkades Serentak Desa Padamulya Cihaurbeuti Ciamis,” tegasnya. (CN/AY/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya