spot_img
Jumat, Januari 27, 2023
spot_img

Peringati Hari Menanam Pohon, Kodim Ciamis Tanam 3.500 Pohon

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam Rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), TNI berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menanam 3.500 bibit pohon. Kegiatan dilaksanakan di Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Senin (28/11/2022).

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan hidup dengan menanam pohon. Sekaligus menanggulangi terjadinya peluasan lahan kritis.

“Maka dengan penanaman ini lahan-lahan kritis dapat kita persempit. Kemudian untuk penghijauan lahan wilayah Ciamis dan akan semakin tertata terutama untuk penyerapan air,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Menurutnya, dalam peringatan hari menanam pohon ini pihaknya menanam jenis bibit pohon yang memiliki kualitas batang yang keras. Seperti tanaman buah, alpukat, durian, mangga, albasia, mahoni, pete dan lainnya.

“Karena penanaman pohon ini sebagai upaya pencegahan terjadinya longsor dan juga abrasi. Maka pohon-pohon yang kita tanam ini merupakan pohon yang nantinya bakal memiliki batang pohon yang keras,” ujarnya.

Baca Juga: Peringati HMPI Tingkat Jabar, Ciamis Tanam 1.000 Pohon

Dandim menambahkan, pihaknya telah menyelesaikan lebih kurang 7 titik penanaman pohon wilayah Kabupaten Ciamis. Sebelumnya pihaknya telah melaksanakan penanaman sekitar 5.000 pohon pada Puncak Bakom, Kabupaten Ciamis.

“Hari ini di Kecamatan Cikoneng ada sekitar 3.500 pohon. Sehingga program ini sampai akhir tahun akan terus berlanjut dan tentunya di tahun depan akan lebih meningkat lagi,” tambahnya saat peringatan Hari Menanam Pohon.

Dengan penanaman 3.500 pohon tersebut, Dandim berharap bisa memberikan efek perubahan yang bermanfaat khususnya untuk warga sekitar.

“Selain bertujuan untuk menanggulangi peluasan lahan kritis. Kita harapkan juga dapat memberikan perubahan yang baik bagi masyarakat lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Ibay/CN/Djavatoday)

Harga Beras di Pasar Manis Ciamis Naik, Pembeli Mengeluh

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Harga Beras di Pasar Manis Ciamis saat ini naik, bahkan mencapai Rp 13.500 per kilogramnya. Hal tersebut, tentu dikeluhkan oleh...

Satuan Samapta Polres Ciamis Patroli Bersepeda di Wilayah Perkotaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satuan Samapta Polres Ciamis melaksanakan patroli bersepeda di wilayah perkotaan Ciamis, Jawa Barat, Kamis (26/1/2023). Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan...

Buka Rakercab APDESI Ciamis, Ini Pesan Bupati Herdiat

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan Rakercab ke II DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Tebing Tembok Ambruk Jebol Dua Ruang Sekolah SD di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tebing Tembok di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Akibatnya tembok dua ruang sekolah SDN 5 Sandingtaman jebol....

Terpopuler

Lainnya