Minggu, Oktober 17, 2021

Pemkab Ciamis Serahkan Hibah 100 Unit Sepeda Motor Untuk MUI Desa

DJAVATODAY.COM, CIAMIS Pemerintah Kabupaten Ciamis menyerahkan hibah 100 unit sepeda motor untuk MUI Desa. Penyerahan hibah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya kepada 27 perwakilan Ketua MUI Desa yang mewakili setiap Kecamatan di kabupaten Ciamis di halaman pendopo Bupati Ciamis, Kamis (6/5/2021). 

“Pemberian hibah sepeda motor ini, tiada lain sebagai bentuk perhatian, kadeudeuh, dan bentuk sentuhan dari Pemkab Ciamis.  Hibah ini untuk membantu memperlancar kegiatan keagamaan, program dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan.

Baca juga:

Dijelaskan Herdiat, hibah sepeda motor tahap pertama kali ini Pemkab Ciamis baru bisa menyerahkan 100 unit. Hal ini atas pertimbangan kondisi keuangan daerah. Kedepan akan ditambah lagi untuk memenuhi kebutuh 256 MUI desa/kelurahan di Kabupaten Ciamis. 

“Bantuan hibah yang diberikan tiada lain untuk menunjang kegiatan keagamaan di tingkat desa. Saya tahu persis tugas ketua MUI desa begitu padat, berat dan tidak mengenal waktu,” terangnya. 

“Semoga bantuan hibah ini dapat bermanfaat, untuk menunjang kegiatan bapak dan ibu ketua MUI di Pemerintah Desa. Tolong dipelihara, dirawat, supaya lebih awet dan bermanfaat jangka panjang,” tambah Herdiat. 

Baca juga: Bupati Ciamis Serahkan Insentif Ketua RT/RW, Guru Ngaji dan Imam Masjid

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis, Kurniawan dalam laporannya menjelaskan bahwa pemberian hibah sepeda motor ini dasar hukumnya adalah Perda nomor 6 Tahun 2020 tentang APBD. Selain itu mengacu pada Perbup nomor 77 Tahun 2020 dan DPA Nomor 80 (4 Januari 2021). 

Terkait hibah, Kurniawan berpesan agar hibah yang diberikan untuk dirawat dan dimanfaatkan untuk mobilisasi kegiatan keagamaan di desa/kelurahannya.

“Karena ini merupakan hibah dari Pemerintah Daerah. Sehingga seluruh beban tanggung jawab sepenuhnya sudah menjadi tanggung jawab pihak MUI di desa itu sendiri,” jelasnya. 

“Semoga bermanfaat dan memperlancar kegiatan keagamaan di desanya masing-masing, “imbuh Kurniawan.

Masih ditempat yang sama, Wakil ketua MUI Kabupaten Ciamis, Saepul Uyun menyampaikan terimakasih atas hibah yang telah diberikan Pemkab Ciamis. 

Mekanisme Penyerahan Hibah Sepeda Motor

Dalam penyerahan 100 unit sepeda motor tersebut, ia menjelaskan telah mengatur mekanismenya diantaranya dengan membagi kepada 27 Kecamatan secara merata 3 unit. Untuk Kecamatan yang memiliki jumlah desa banyak ada yang mendapat 5 unit dan 6 unit seperti Kecamatan panumbangan yang memiliki 18 Desa.

“Kita proporsional dalam penyerahan hibah sepeda motor. Untuk menilai desa mana saja yang akan diberikan hibah tersebut diserahkan kepada MUI kecamatan. karena mereka yang lebih paham dan mengetahui terkait MUI Desa yang aktif dan lainnya,” jelasnya.

Saepul pun mengungkapkan, sambutan mui desa sanga luar biasa terkait pemberian hibah tersebut. Semoga ditahun yang akan datang terpenuhi sisanya yang belum mendapatkan bantuan hibah di tahun ini. 

“Mudah mudahan Ciamis sejahtera, keuangan stabil, corona diangkat dan aktivitas bisa kembali ke sediakalanya, amin,” tutupnya. ArifinAT/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU