Senin, Oktober 25, 2021

Tingkatkan Bidang Keagamaan, Pemkab Ciamis Serahkan Dana Hibah Rp46 Milyar

Berita Ciamis (Djavatoday.com), –  Upaya meningkatkan fasilitas dan kualitas di bidang keagamaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis serahkan dana hibah Rp46 Milyar lebih dari APBD Tahun 2021. Dana hibah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra kepada perwakilan ketua lembaga pengurus mesjid jamie dan DKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis, Selasa, (11/05/2021).

Wabup Ciamis, Yana D. Putra memaparkan, rincian pengalokasian bantuan dana hibah tersebut diantaranya meliputi; belanja hibah kepada mesjid, madrasah dinyah, TPA/TKA/RA, lembaga pendidikan islam, pondok pesantren, ormas keagamaan, yayasan islam dan belanja hibah kepada pemerintah.

Baca juga:

“Kepada para ketua lembaga keagamaan, bantuan ini bukan merupakan hadiah lebaran. Tapi kebetulan saja waktu penyerahannya berdekatan dengan hari Idul Fitri “. Ujar Yana

“Pemerintah bukannya tidak mau untuk memberikan bantuan yang banyak. Namun karena keterbatasan anggaran, sedangkan yang perlu dibantu cukup banyak dan saudara-saudara termasuk yang beruntung mendapat bantuan karena dibelakang saudara masih banyak yang memerlukan,” Tambahnya.

Yana mengamanatkan, untuk memanfaatkan bantuan hibah tersebut sesuai peruntukannya, sebagaimana tertuang dalam RAB dalam proposal yang diajukan.

Lebih dari itu, bantuan dana hibah ini untuk kepentingan pengembangan keagamaan dan meningkatkan syiar agama di kabupaten Ciamis.

“Walaupun disadari bahwa bantuan dana hibah keagamaan ini tidak akan mencukupi. Tapi paling tidak sebagai penggugah dana partisipasi masyarakat Ciamis,” Imbuhnya.

Terakhir, Yana beramanat untuk menempuh prosedur, aturan, tahapan yang sudah di atur dalam Peraturan Bupati tentang pengelolaan hibah keagamaan.

“Penuhi segala administrasi (dana hibah), karena bantuan hibah keagamaan ini tentunya akan menjadi objek pihak berwenang untuk memeriksa terkait realisasi anggaran pemerintah “. Ucap Yana.

“Berkenaan dengan akan datangnya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, semoga ibadah shaum kita diterima Alloh SWT, ” Pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan penyerahan dana hibah tersebut, Sekda Ciamis, Asisten Daerah dan Kepala Bagian Kesra Sekda Ciamis. *ArifinAT/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU