Senin, Oktober 25, 2021

Pemkab Ciamis Akan Uji Coba PTM Terbatas Minggu Depan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah secara terbatas atau zonasi pada 31 Agustus 2021. Untuk itu, Minggu ini seluruh sekolah berbagai jenjang diharapkan melakukan persiapan terutama penerapan protokol kesehatan.

“Bupati Ciamis menyampaikan untuk pembelajaran daring sampai Minggu depan. Diharapkan tidak ada lagi lonjakan penambahan pasien COVID-19. Sehingga tanggal 31 Agustus atau Senin depan, PTM akan uji coba,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat usai melakukan rapat koordinasi persiapan PTM di Setda Ciamis, Senin (23/8/2021).

Baca juga:

Asep mengingatkan kepada semua sekolah untuk membenahi sekolah dalam seminggu ini. Mengingat sudah lama tidak digunakan dan banyak sekolah yang tidak terurus.

“Rumput halamannya dibersihkan, kalau bisa di cat dan yang paling penting adalah sarana protokol kesehatan dari tempat cuci tangan, air mengalir, pengukur suhu termasuk pengaturan tempat duduk anak,” ungkap Asep.

Asep pun mengingatkan para guru yang belum divaksinasi Corona agar segera menjalani vaksinasi. Kecuali guru yang memang memiliki komorbid atau penyakit penyerta yang tidak bisa mendapat vaksin, maka bisa mengikuti pembelajaran daring.

“Sekolah yang dijadikan isolasi terpusat sebelumnya agar segera disterilisasi. Satgas COVID-19 pun telah diinstruksikan Bupati untuk mencari tempat alternatif lain, karena sekolah akan dipakai PTM,” Jelasnya.

Asep menjelaskan terkait teknis PTM terbatas secara zonasi ini sama dengan yang telah dilaksanakan pada bulan April-Mei sebelumnya. Dilaksanakan sesuai zonasi desa.

“Desa dengan zonasi hijau yang kuning yang sekolahnya boleh buka. Sedangkan sekolah di zona merah dan oranye tidak diizinkan melaksanakan tatap muka,” katanya.

Sekolah yang tidak diizinkan buka karena zona merah dan oranye tetap melaksanakan daring. Bisa juga dilakukan dengan mobile teacher dengan membawa siswa ke alam secara terbatas.

“Verifikasi sekolah untuk PTM terbatas dalam Minggu ini kita laksanakan mana yang sudah siap dan belum. Sekolah juga meminta permohonan ke orang tua diizinkan atau tidak. Bagi yang tidak diizinkan tetap mengikuti pembelajaran daring,” ungkap Asep. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU