Rabu, Februari 21, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pandemi Covid19, Siswa SMK di Ciamis Tanam Jahe Merah

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday),- Dimasa pandemi COVID-19, imunitas tubuh harus diperkuat. Rempah-rempah jenis jahe merah diyakini dapat menangkal Virus karena berkhasiat baik untuk tubuh.

Siswa SMK Negeri 1 Panjalu Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berbondong-bondong menanam jahe merah. Dari mulai guru, pemerintah desa, kecamatan, Ratusan siswa hingga masyarakat ikut menanam di lahan seluas 5 hektare. Tepatnya di Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kamis (3/12/2020).

Kepala SMKN 1 Panjalu Undang Tatang Hidayat menyebut, penanaman tanaman jenis rimpang itu menjadi inisiasi kegiatan yang dilakukan pertamakali. Tanaman rimpang adalah komoditi yang diminati dimasa Pandemi. Kegiatan ini juga sebagai upaya pemanfaatan lahan milik pemerintah desa dengan cara kerjasama.

“Di Panjalu ini kami melihat potensi pertanian yang mesti dikembangkan. Ini juga sebagai implementasi program pendidikan jurusan Agribisnis di SMK N 1 Panjalu, Tanaman Holtikultura dan pangan. Kami memilih tanaman yang dapat bermanfaat dimasa pendemi yakni Jahe Merah,” ujar Undang.

Baca Juga : Tanaman Obat Sering Ditemui Tapi Jarang Diketahui

Undang menerangkan, jahe merah berpotensi memiliki harga jual yang tinggi. Kegiatan ini dilaksanakann sebagai upaya melatih siswa-siswi SMK. Bagaimana kerja produksi pertanian, dari cara menanam dan memelihara. Sampai bisa panen kemudian dipasarkan.

“Siswa-siswi dilibatkan langsung bersama mengelola lahan, menanam, memelihara hingga waktu panen tiba kemudian memasarkannya. Kami harap setelah lulus bisa menjadi keahlian. Kemudian jadi peluang usaha yang baik,”

Jahe Merah Banyak Diminati

Jenis tanaman Rimpang ketika pandemi ataupun situas normal banyak peminatnya. Bukan hanya dibutuhkan untuk produksi konsumsi lokal, bahkan masuk di pasar internasional. Pihak SMK sudah memiliki kerjasama dengan perusahaan dalam pemasarannya.

” Untuk 7 sampai 9 bulan kedepan, kami telah bekerjasama dengan perusahaan untuk menerima hasil panen. Semuanya sudah dalam perencanaan, jadi tidak perlu bingung untuk memasarkan,” jelasnya.

SMK Negeri 1 Panjalu akan berupaya melakukan pengolahan tanaman jenis rimpang ini agar menjadi produk bersaing yang bisa dipasarkan.

“Hasil pengolahannya bisa dikembangkan, contohnya dibuatkan ekstrak. Kedepan para siswa akan memiliki bekal keahlian setelah lulus. kami dari pihak Sekolah akan membantu dalam hal bibit,” ungkapnya.

Undang menuturkan, harga jahe merah sekarang masih cukup tinggi Rp 60 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogramnya. Meskipun kedepanya turun paling berkisar Rp 30 ribu. Itu pun masih dapat untung lebih.

“Dari mulai pengolahan lahan hingga penanaman, kami bekerjasama dengan kelompok tani setempat. Masyarakat pun ikut berpartisipasi dan ikut terbantu dengan kegiatan ini,” ungkapnya.

Apresiasi Camat Panjalu

Sementara itu, Camat Panjalu Dede Suparman mengapresiasi gerakan SMK di Panjalu dengan penanaman jahe merah. Hal tersebut menginspirasinya untuk menggerakkan kelompok tani di desa lain untuk menanam jahe merah. Ataupun tanaman lainnya yang dapat membantu mengangkat ekonomi masyarakat setempat.

“Di Panjalu banyak lahan dan kelompok tani. Menanam jahe merah dapat menjadi salahsatu opsi. Insyaalloh akan kami sosialisasikan lagi untuk meningkatkan perekonomian, untuk menciptakan pemberdayaan masyarakat yang sejahtera,” jelasnya. (MM/Djavatoday)

Sekeluarga Dirawat Di Rumah Sakit Ciamis Diduga Keracunan Usai Makan Jamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hati-hati saat mengkonsumsi jamur liar harus dipastikan beracun atau tidak. Kalau tidak hati-hati bakal bernasib seperti 5 orang sekeluarga di Dusun...

Polisi Ringkus Tiga Komplotan Residivis Pencuri Motor di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil meringkus 3 pelaku pencurian sepeda motor yang beraksi di wilayah Ciamis. Tiga pelaku tersebut merupakan komplotan...

Pemkab Ciamis Usulkan 400 Formasi PPPK dan CPNS Tahun 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis telah mengajukan usulan kebutuhan ASN di tahun 2024 ini kepada Menpan RB. Hal itu berdasarkan surat Menpan RB nomor...

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Ciamis Ajak Sopir Bus Jaga Etika Berlalu Lintas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satlantas Polres Ciamis berupaya mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Salah satunya memberikan imbauan dan mengajak para sopir bus untuk menjaga etika dalam...

Terpopuler

Lainnya