Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ngaji Bareng Ramadan, Cara TBM Sabilul Huda Ciamis Tingkatkan Literasi Anak

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan anak di Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, antusias mengikuti kegiatan Ngaji Bareng Ramadan (Ngabaran), Minggu (31/3/2024). Kegiatan ini digelar oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sabilul Huda Ciamis untuk meningkatkan literasi anak sambil mengisi kegiatan saat bulan Ramadan.

Kegiatan Ngabaran rutin digelar TBM Sabilul Huda Ciamis setiap Ramadan. Ngabaran TBM Sabilul Huda diisi berbagai kegiatan yang dibuat menarik untuk anak-anak.

Untuk Ramadan ini TBM Sabilul Huda mengagendakan beberapa kegiatan. Yakni Kultum Ramadhan, Membaca Nyaring, Games Islami, Menulis Cerita, Mewarnai, Monton Film Islami, berbagi takjil dan berbagi hadiah.

Kegiatan Ngabaran kali terbagi ke dalam tiga sesi kegiatan. Yang pertama, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, prakata dari Gita Robia Awaliah, sebagai penanggung jawab kegiatan. Kemudian perlombaaan mewarnai untuk anak PAUD, dan lomba membaca nyaring untuk anak tingkat SD.

“Sengaja dipilih kegiatan ini, di samping untuk menambah wawasan tentang keliterasian, juga untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak untuk tampil di muka umum.” ujar Gita dalam sambutannya.

Zezen Zaini Nurdin, Pendiri TBM Sabilul Huda mengatakan kegiatan di TBM Sabilul Huda bukan semata-mata hanya untuk mencari prestasi tapi ada tujuan lain yang lebih penting.

“Tapi lebih penting sejauh mana mengasah kepribadian, karakter dan mentalitas anak untuk menjadi anak yang literat.”

“Sejak didirikan tahun 2012, di TBM Sabilul Huda, anak-anak diajarkan untuk tidak terlalu fokus mengejar atau harus berprestasi. Paling penting anak-anak bisa terinspirasi, kemudian termotivasi dan ikut berpartisipasi dan beraksi membangun negeri. Demikian visi misi kami.” lanjut Zezen yang juga sebagai Ketua TBM Sabilul Huda. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Di Momen Salat Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Pamit

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melaksanakan salat Idul Fitri 1445H di Alun-alun Ciamis, tepatnya di halaman Masjid Agung...

9 Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58 Warga Ciamis, Bupati Herdiat Takziah ke Rumah Duka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 9 korban jiwa kecelakaan maut di tol Jakarta-Cikampek KM 58 teridentifikasi merupakan warga Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati...

Terpopuler

Lainnya