Selasa, Juni 25, 2024

Monyet di Wisata Karangkamulyan Ciamis Sering Keluar Habitat

Berita Ciamis (Djavatoday.com) ,- Kawanan Monyet di Obyek Wisata Ciung Wanara Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sering keluar dari habitatnya. Penyebabnya, diduga karena sepinya wisatawan yang masuk ke lokasi wisata saat pandemi Covid-19. Kawanan monyet ini sering masuk ke warung-warung di area lokasi wisata.

Bah Sunarto (45) pedagang yang berada di lokasi mengatakan Kawanan monyet yang berada di wisata Karangkamulyan saat ini lebih agresif. Bukan hanya memakan hasil bumi warga saja tapi juga mencari makan hingga ke warung-warung.

“Gerombolan monyet merangsak ke warung -warung yang ada di lokasi  dan mengambil jajanan di warung,” ujarnya, Kamis (28/01/2020). 

Sunarto bercerita, ketika objek wisata ramai pengunjung para monyet yang berada di Destinasi wisata Karangkamulyan selalu diberi makan oleh pengunjung. Ditambah pohon buah di dalam destinasi  tumbang gegara musim hujan.

Sehingga ekosistem di dalam destinasi terganggu yang mengakibatkan gerombolan kawanan monyet turun dan meresahkan warga.

Menurutnya, Destinasi Wisata Situs Karangkamulyan mempunyai Lahan kurang lebih 3 hektar. Namun, sangat disayangkan lahan tersebut tidak dipergunakan. Di dalam Wisata Karangkamulyan banyak berbagai macam pohon. Seperti pohon asem, jambu mete, buah huni yang dulunya ada. Namun pohon-pohon tersebut sekarang sudah pada tumbang.

“Bila di dalam cagar budaya Karangkamulyan kembali ditanami yang menghasilkan buah-buahan. Sepertinya kawanan monyet tersebut tidak akan turun karena kelaparan.  Semoga dengan adanya kejadian seperti ini, pemerintah desa maupun kabupaten bisa ada solusi. Agar kerugian yang dialami oleh pedagang tidak kembali terjadi,”  ucapnya.

Kepala Desa Karangkamulyan  M Abdul Haris  membenarkan kawanan Monyet di Destinasi Wisata Karangkamulyan. Semakin hari semakin agresif dan mengganggu masyarakat maupun warung yang berada di lokasi objek wisata karena lapar.

“Memang Sudah ada laporan dari pedagang di lokasi serta masyarakat bahwa banyaknya gerombolan kawanan monyet yang mulai meresahkan warga. Kita juga sudah menindaklanjutinya ke BKSDA untuk melakukan tindakan selanjutnya,” jelasnya. (Rizk/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya