Selasa, Mei 28, 2024

Masih Ada Warga Berprilaku BAB Sembarangan di 89 Desa di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melakukan deklarasi Desa ODF bersama di Pendopo Bupati, Selasa (20/4/2021). Meski sudah capai target, masih ada warga yang berprilaku BAB sembarangan. Sedikitnya ada 89 Desa belum ODF.

Sedangkan ada 176 desa yang sudah ODF dari total 258 desa. Atau sebanyak 66,41 persen. Desa ODF adalah desa yang komunitas masyarakatnya berprilaku BAB pada jamban sehat. Masyarakat tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo menuturkan desa ODF merupakan persyaratan dalam verifikasi menuju kabupaten sehat. Dalam ketentuannya, desa ODF harus mencapai 60 persen.

“Di akhir 2020 desa di Ciamis baru 34,7 persen yang ODF. Sehingga kami terus melakukan upaya, salah satunya setiap Puskesmas harus menghadap 4 desa ODF,” ungkap Yoyo.

Hasilnya, pada bulan April 2021 ini bertambah 84 desa di Ciamis telah ODF atau 66,41 persen. Total keseluruhan ada 176 desa ODF.

“Hari ini kita lakukan deklarasi Desa ODF. Meski demikian, pencapaian ini belum mencapai akhir perjuangan. Masih 89 desa lagi perlu proses mencapai ODF,” jelasnya.

Yoyo memberikan selamat untuk desa yang telah ODF. Tentunya hal ini harus dipertahankan jangan lagi ada muncul jamban yang tidak sehat di masyarakat.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra pun menyatakan akan menganggarkan pembangunan fasilitas sanitasi dalam rangka mewujudkan desa di Ciamis ODF 100 persen.

“Ketika kita alokasikan anggaran untuk terciptanya masyarakat sehat dan tidak lagi BAB sembarangan di Ciamis, kenapa tidak,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya