Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Masih Ada Warga Berprilaku BAB Sembarangan di 89 Desa di Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melakukan deklarasi Desa ODF bersama di Pendopo Bupati, Selasa (20/4/2021). Meski sudah capai target, masih ada warga yang berprilaku BAB sembarangan. Sedikitnya ada 89 Desa belum ODF.

Sedangkan ada 176 desa yang sudah ODF dari total 258 desa. Atau sebanyak 66,41 persen. Desa ODF adalah desa yang komunitas masyarakatnya berprilaku BAB pada jamban sehat. Masyarakat tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo menuturkan desa ODF merupakan persyaratan dalam verifikasi menuju kabupaten sehat. Dalam ketentuannya, desa ODF harus mencapai 60 persen.

“Di akhir 2020 desa di Ciamis baru 34,7 persen yang ODF. Sehingga kami terus melakukan upaya, salah satunya setiap Puskesmas harus menghadap 4 desa ODF,” ungkap Yoyo.

Hasilnya, pada bulan April 2021 ini bertambah 84 desa di Ciamis telah ODF atau 66,41 persen. Total keseluruhan ada 176 desa ODF.

“Hari ini kita lakukan deklarasi Desa ODF. Meski demikian, pencapaian ini belum mencapai akhir perjuangan. Masih 89 desa lagi perlu proses mencapai ODF,” jelasnya.

Yoyo memberikan selamat untuk desa yang telah ODF. Tentunya hal ini harus dipertahankan jangan lagi ada muncul jamban yang tidak sehat di masyarakat.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra pun menyatakan akan menganggarkan pembangunan fasilitas sanitasi dalam rangka mewujudkan desa di Ciamis ODF 100 persen.

“Ketika kita alokasikan anggaran untuk terciptanya masyarakat sehat dan tidak lagi BAB sembarangan di Ciamis, kenapa tidak,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya