Minggu, Mei 26, 2024

Makanan Siap Santap Khas Ciamis Cocok untuk Sahur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi yang malas masak saat sahur, ada makanan siap santap khas Ciamis yang sangat cocok untuk sahur. Anda bisa sahur dengan makanan bergizi, sehingga bisa kuat puasa sampai magrib.

Ini 3 makanan siap santap khas Ciamis untuk sahur

Abon Rajawali

Abon, makanan dari serat daging hewan atau suwir. Salah satunya Abon Rajawali merupakan oleh-oleh khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Makanan ini tidak hanya digemari di Ciamis saja namun juga di sejumlah daerah.

Cita rasa Abon Rajawali terjaga sejak 1968 menjadi keunggulan Abon tersebut. Diolah dengan resep tradisional dari Ibu Iloh. Sejak tahun 2000 Abon Rajawali diproduksi oleh generasi ketiga hingga saat ini.

Cukup sediakan nasi hangat, kemudian taburkan abon di atas nasi secukupnya. Produk Abon Rajawali memiliki rasa gurih dan lembut dengan aroma sapi yang cukup kental.

Rumah produksi Abon Rajawali berada di di Lingkungan Rancapetir, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis.

Untuk harga Abon Rajawali per ons Rp 34 ribu. Pembeli juga bisa membeli sesuai keinginan sesuai dana yang tersedia. Untuk yang 80 gram sampai 1 ons itu bisa untuk tiga kali makan.

Dendeng Sapi

Makanan siap santap selanjutnya Dendeng merupakan daging yang dipotong tipis menjadi serpihan tanpa lemak. Kemudian dengan bumbu resep khusus. Serta rempah-rempah lalu di jemur untuk dikeringkan atau diawetkan. Umumnya dendeng sapi memiliki rasa asin yang sedikit manis.

Di Ciamis Dendeng Rajawali masih menjadi favorit masyarakat. Memiliki tekstur daging yang tidak terlalu tipis dengan rasa rempah yang khas.

Cara menyajikannya dendeng bisa digoreng sebentar atau pun di bakar sesuai selera masing-masing. Kemudian disantap dengan nasi hangat saat sahur. Tentunya dengan asupan protein tinggi membuat puasa bisa bertahan sampai magrib.

Kentang Goreng Mustofa

Makanan khas Ciamis yang cocok untuk sahur adalah kentang goreng Mustofa. Mustofa itu bukan nama orang tapi nama olahan dari kentang dengan bentuk irisan kecil memanjang dengan bumbu sambal yang khas.

Kentang goreng Mustofa selain cocok untuk sahur juga biasa jadi sebagai camilan. Makanan ini sudah ada sekitar tahun 1960 an. Mustofa biasanya memiliki tekstur yang renyah dan garing. Rasanya gurih dan sedikit manis atau ada juga yang pedas.

Sama seperti abon dan dendeng, kentang goreng Mustofa ini cukup memakannya dengan nasi hangat saja. Mustofa bisa dijumpai di setiap toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Nasional Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya