Selasa, Juni 25, 2024

Kisah Mitos di Makam Keramat Kiai Malang Karsa Karangampel Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Makam Keramat Kiai Malang Karsa, Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, punya Kisah Mitos yang penuh misteri.

Kiai Malang Karsa merupakan sosok penting yang berjasa dalam penyebaran agama Islam, sekaligus orang yang membuka Desa Karangampel.

Kesaktiannya legendaris, konon, ia berhasil membabat habis seluruh hutan untuk membuka lahan desa tersebut.

Makamnya yang terletak di Dusun Barugbug, Desa Karangampel. Makam Keramat l ini kerap menjadi tujuan peziarah.

Aura mistis dan misteri menyelimuti makam keramat tersebut. Cerita mitos yang berkembang, bila memasuki kawasan tersebut jangan pernah ada niat jahat. Jangan juga mengambil, memanfaatkan pohon atau hal lain yang berada di area makam.

Konon, apabila melanggar hal itu maka orang tersebut akan mendapat kutukan. Yakni sekujur tubuhnya bakal menjalani korengan atau dalam bahasa sundanya budug atau borok secara medadak.

Cerita ini bukan tanpa alasan, mengingat pernah ada beberapa orang setempat yang mengalami hal tersebut. Mereka melanggar larangan itu. Umumnya, mereka berniat untuk mengambil bambu atau kayu yang ada di area makam keramat itu.

Misteri di seputar makam keramat Kiai Malang Karsa telah menjadi bagian dari warisan budaya Desa Karangampel yang kaya dengan hasil buminya.

Meskipun demikian, cerita-cerita tersebut tetap menjadi daya tarik bagi banyak orang. Terutama terhadap orang yang tertarik dengan hal-hal supranatural dan keajaiban alam.

Sementara itu, Makam Kiai Malang Karsa terus menjadi tempat yang dikunjungi oleh banyak orang. Baik untuk memberikan doa maupun sekadar merenung di tengah nuansa yang mistis namun juga menyiratkan kedamaian. (Andra/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya