Sabtu, Juni 15, 2024

KBM Tatap Muka di Ciamis Belum Bisa Digelar Agustus

DJAVATODAY.COM, BERITA CIAMIS – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ciamis batal mengizinkan kegiatan belajar mengajar atau KBM tatap muka di Ciamis dilaksanakan bulan Agustus ini. Pasalnya harus dilakukan kajian dan penghitungan reproduksi kasus.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, Selasa (4/8/2020) setelah melakukan rapat koordinasi wawasan kebangsaan di Aula Op Room Setda Ciamis.

“Persiapan KBM tatap muka, akan kembali dibahas dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Keputusan tersebut harus penuh kehati-hatian, karena bila salah memutuskan dapat membahayakan para peserta didik nantinya,” kata Herdiat.

Herdiat mengatakan, pelaksanaan KBM tatap muka ini harus ada tahapannya, sekalipun sudah masuk zona hijau. Nantinya akan dimulai dulu di tingkat SMA/SMK selama 14 hari, kalau aman tidak ada kasus baru bisa dilanjutkan ke SMP dan SD juga TK.

“Kita inginnya dilaksanakan secara umum. Tapi melihat kondisi mungkin secara parsial di beberapa kecamatan dulu,” katanya.

Sebelum memberlakukan KBM tatap muka di Ciamis, Herdiat mengaku saat ini masih memantau efek dari kegiatan Idul Adha. Dimana aktivitas masyarakat lebih tinggi dan banyaknya perantau yang pulang ke Ciamis.

“Kita tugaskan ke SKPD teknis untuk mengambil sampel di beberapa kecamatan yang memang pemudiknya banyak. Mudah-mudahan tidak terjadi penambahan kasus,” tegasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, Bayu menegaskan pihaknya masih melakukan kajian dan menghitung angka reproduksi kasus di Kecamatan.

“Namun berdasarkan aturan dari kementerian pendidikan syarat untuk menggelar KBM tatap muka di Ciamis harus level hijau di skala kabupaten,” tegasnya.

Bayu mengatakan, Level kewaspadaan di Kabupaten Ciamis saat ini memang sudah hijau namun, belum bisa memberlakukan KBM. Semoga saja segera dapat intruksi baru dari Gugus Tugas Jabar regulasinya seperti apa nantinya.

“Sementara yang tadinya KBM itu diizinkan tanggal 3 Agustus jadi ditunda karena adanya keraguan. Akan kami kaji ulang lagi nanti,” katanya. *FR/Djavatoday

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya