Jumat, Mei 31, 2024

Kawasan Kumuh Sungai Cileueur Ciamis Dibangun Jadi RTP di 2021

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kawasan kumuh Sungai Cileueur yang berada di lingkungan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kecamatan/Kabupaten Ciamis akan diubah menjadi ruang terbuka publik (RTP) pada tahun 2021 ini.

Kawasan sungai Cileuer Ciamis, sebelumnya juga telah direncanakan untuk di bangun RTP pada tahun 2019 silam. Namun, karena adanya kendala pada tahun 2020, jadinya baru terealisasi tahun 2021.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi mengatakan, pada tahun 2020 pemerintah pusat memberi kabar terkait adanya kendala dalam pembangunan RTP kawasan sungai Cileur.

“RTP atau kalau dulu itu RTH ini direncanakan dibangun pada tahun 2020, namun karena ada beberapa kendala jadinya tidak bisa dilaksanakan,” katanya, Senin (1/3/2020).

Aris menjelaskan, kendalanya yakni karena adanya perubahan desain dan penambahan ornamen. Salah satunya yakni adanya TPS3R dan Ipal di daerah kawasan tersebut.

“Kalau di desain sebelumnya itu tidak ada TPS3R, namun sekarang ada. Dan kemudian ada beberapa ornamen yang dirubah,” jelasnya.

Menurut Aris, pemerintah pusat juga menambahkan anggaran untuk pembangunan RTP kawasan sungai Cileuer tersebut yakni sebesar Rp. 14 miliar.

“Tadinya itu hanya Rp. 12 miliar, kini ditambah. Anggaran tersebut dari APBN tahun 2021,” tuturnya.

RTP kawasan sungai Cileuer Ciamis ini nantinya lebih ke konsep pariwisata. Jadinya, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menumbuhkan perekonomian.

“Saya harap, setelah jadi RTP ini bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” pungkasnya. (AsepFR/CN/Djavatoday)

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten...

Kodim Ciamis Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Cinyasag Panawangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dan pembentangan bendera raksasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Puncak Bukit...

Disdik Ciamis Raih Penghargaan Peningkatan Skor Indeks SPM Pendidikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Peningkatan Skor Indeks Pencapaian (SPM) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan. Penghargaan itu diraih secara berturut-turut pada...

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya