Minggu, Mei 26, 2024

Kadisdik Ciamis Beri Imbau Ini untuk Guru saat Libur Semester

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Ciamis mengeluarkan surat edaran untuk seluruh SD dan SMP menjelang libur semester dan tahun baru. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh tenaga pendidik dan kependidikan, salah satunya mengisi liburan dengan kegiatan keagamaan.

Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan dalam menghadapi liburan semester pihaknya mengimbau kepada guru untuk tetap mengawasi pada peserta didik. Pastikan pada peserta didik tetap menjaga kesehatannya.

“Meski pandemi Covid-19 sudah landai dan jarang terdengar bukan berarti sudah hilang, yang kenyataannya masih ada varian baru. Tolong ini harus disampaikan kepada peserta didik untuk selalu jaga kesehatan,” ujar Asep di Wisma PGRI Ciamis, Sabtu (17/12/2022).

Selama melaksanakan liburan semester dan tahun baru, mengarahkan siswa untuk mengisi kegiatan bermakna dan bermanfaat. Seperti kegiatan keagamaan dan magrib mengaji.

“Kegiatan keagamaan bisa diikuti dalam mengisi liburan semester dengan pengawasan bapak ibu, agar terlaksana dengan baik,” kata Asep.

Selain itu, bagi sekolah yang semester ini melaksanakan studi tour agar selalu berhati-hati saat melaksanakannya. Menjaga keagamaan dan keselamatan para siswa.

Dinas Pendidikan Ciamis pun mengimbau sekolah agar melaksanakan studi tour dengan berkunjung ke tempat bersejarah di daerah sendiri. Tujuannya untuk mengenalkan sejarah Galuh yang merupakan bagian dari jati diri warga Ciamis.

“Tidak harus selalu ke luar daerah. Bisa memperkenalkan budaya Galuh ke obyek wisata yang ada di Ciamis. Seperti Situs Karangkamulyan, Astana Gede Kawali dan Situ Lengkong Panjalu atau obyek lainnya yang bisa memberikan penjelasan bahwa kita itu anak-anak Galuh yang memahami jati diri daerah asalnya,” tegasnya.

Menurut Asep, studi tour ini berbeda dengan piknik. Dari hasil kunjungan itu ada pelajaran dan karya tulis untuk pembelajaran.

“Kalau pun dalam studi tour menggunakan kendaraan, sekiranya sewa yang perusahaannya ada di Ciamis. Atau perusahaan dari luar tapi pemiliknya warga Ciamis. Hal ini tentunya dapat membantu perekonomian Ciamis, karena uang hasil sewa itu akan bergulir di Ciamis,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya