Minggu, Juli 14, 2024

Jalan Cirahong Ciamis Terbelah, Pemotor Harus Berhati-hati!

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jalan menuju Jembatan Cirahong di Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, belah dan retak-retak. Kondisi itu mulai terjadi sejak Jumat (11/7/2023), retakan terus membesar hingga sekarang.

Diketahui Jalan Cirahong Ciamis itu terbelah sepanjang 30 meter. Lebar retakan jalan sekitar 15 meter dan dalamnya sampai 50 sentimeter.

Meski hanya digunakan untuk roda dua, namun jalan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat untuk menjalankan roda perekonomian. Warga dari Ciamis dan Tasikmalaya menggunakan jalan itu untuk berdagang.

Penyebab jalan retak itu akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Ciamis sejak beberapa hari terakhir. Air yang turun dari perbukitan menggenang di Jalan Cirahong Ciamis yang mengakibatkan jalan terbelah.

“Jalan ke Jembatan Cirahong terbelah, retak cukup panjang sejak Jumat. Kondisinya memang membahayakan jadi kami memasang bambu agar pengendara sepeda motor berhati-hati,” ujar Kasi Perencanaan Desa Pawindan Ahmad Himawan, Selasa (11/7/2023).

Pihak Pemerintah Desa Pawindan pun sudah melaporkan secara tertulis kejadian tersebut kepada instansi terkait. Pihaknya berharap jalan tersebut dapat segera ada perbaikan. Mengingat Jalan Cirahong itu merupakan akses viral bagi masyarakat dua daerah.

“Sebagai akses ekonomi masyarakat dua daerah Ciamis dan Tasikmalaya. Banyak pedagang banyak memakai sepeda motor dan masih menggunakan Jembatan Cirahong sebagai jalur utama dalam beraktivitas,” kata Ahmad Himawan.

Sementara itu, Engkos Koswara, warga setempat mengatakan, kondisi jalan yang retak itu sangat membahayakan pengguna sepeda motor. Retakan atau jalan yang terbelah itu berada di jalur lurus setelah turunan. Pengendara sepeda motor biasanya memacu kendaraannya cukup kencang.

“Untung kalau siang pakai tanda bambu jadi ketahuan. Tapi kalau malam khawatir tidak terlihat sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Apabila ini tetap dibiarkan dan ada hujan kemungkinan retakan akan melebar dan jalan bisa terputus,” ungkap Engkos. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya