Sabtu, Mei 18, 2024

Hari Pertama Masuk Sekolah, Wabup Ciamis Minta Anak Tidak Cengeng

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengantar anaknya yang baru masuk ke jenjang SMP pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2023/2024.

Dalam kesempatan itu, Wabup Yana pun secara simbolis menyerahkan anaknya ke pihak sekolah SMPN 1 Ciamis untuk menempuh pendidikan selama 3 tahun.

Yana pun memberi pesan kepada anak-anak untuk tidak cengeng dan sedikit-sedikit ngadu ke orang tua. Menurut Yana anak-anak generasi saat ini sedikit-sedikit ngadu terhadap perlakukan guru di sekolah. Yana juga mengajak para orang tua untuk tabayun (klarifikasi), ketika mendapat aduan dari anaknya.

“Jadi fenomena hari ini saya lihat anak-anak kita sedikit-sedikit mengadu. Saya berharap tidak seperti itu. Bagaimana pun, apa yang dilakukan guru di sekolah dalam rangka mendidik anak untuk perbaikan anak itu sendiri,” ungkap Yana di SMPN 1 Ciamis, Senin (17/7/2023).

Wabup Ciamis pun menilai guru tidak semata-mata melakukan tindakan ketika anak tidak melakukan salah. Begitu juga dengan guru tentunya memberikan tindakan ketika ada anak yang berbuat salah untuk dididik.

“Kepada setiap orang tua juga demikian. Ketika anak mengadu terkait perlakukan guru di sekolah sebaiknya tabayun. Minta klarifikasi dulu jangan ujug-ujug menyalahkan guru atau sekolah,” ungkap saat hari pertama masuk sekolah.

Menurut Yana, orang-orang yang besar, sukses atau tokoh besar, bukan dari orang yang cengeng. Namun juga pernah mengalami masa-masa sulit dan mampu menghadapinya.

Yana juga mengaku alumni SMPN 1 Ciamis pernah mengalami beberapa kali dipotong rambut oleh guru. Baginya itu merupakan konsekuensi tidak menaati ketentuan sekolah.

“Jadi jangan sampai, baru dimarahi guru langsung laporan ke orang tuanya. Kemudian orang tuanya tidak tabayun, gurunya langsung dimarahi. Jangan begitu. Dalam kesempatan ini serahkan anak-anak untuk diberikan pendidikan dan pelajaran di sekolah. Apabila anak saya salah tolong luruskan sehingga betul-betul menjadi anak yang berpengetahuan dan berakhlak,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya