Sabtu, Juni 15, 2024

Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Ciamis Gelar Tes HIV Secara Gratis

Berita Ciamis (Djavatoday.com), – Dalam rangka Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Ciamis menggelar kegiatan Tes HIV/AIDS untuk ibu hamil secara gratis, Selasa (1/12/2020). Hasilnya, puluhan orang ibu hamil ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bidan Koordinator Pengelolaan HIV/AIDS Puskesmas Ciamis, Dewi Endah Purnamawati mengatakan, dalam tes HIV/AIDS saat ini memang sasarannya yakni ibu hamil. Targetnya sebanyak 30 orang ibu hamil.

“Ini dalam rangka Hari AIDS sedunia. Saat ini baru 20 orang, nanti sisanya menyusul. Jadi jadwalnya di atur. Agar tidak terjadi kerumunan, karena kita sangat mempedomani protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, jika ada salah satu ibu hamil dari 30 orang itu terjangkit HIV pada tes kali ini. Maka, yang pertama dilakukan yakni konseling pasca tes diruangan khusus. Kemudian menentukan psikologisnya.

“Untuk pembukaan hasilnya kita nanti akan umumkan dengan pemberitahuan reaktif atau non reaktif. Jika, ada yang non reaktif kita lebih menyarankan agar berprilaku sehat dan baik serta menghindari resiko tinggi,” tuturnya disela kegiatan peringatan Hari AIDS sedunia.

Namun, lanjut Dewi, jika ada ibu hamil yang reaktif. Pihaknya, akan langsung melakukan rujukan ke rumah sakit agar langsung diberi tindakan dan perawatan. Agar orang tersebut bisa segera tertangani.

“Nantinya juga akan ada pendampingan dari tim medis puskesmas. Kita akan selalu memantau ibu hamil tersebut selama perawatan, apakah nanti bisa berprilaku disiplin atau tidak karena ditakutkan bisa menularkan ke orang lain,” tegasnya.

Dewi menjelaskan, penyakit HIV untuk sementara ini bisa ditangani penularannya. Karena adanya obat ARV yang mampu menekan penularan ke orang lain.

Dewi berharap, semua ibu hamil dapat menjalani kehamilanya dengan sehat dan bahagia. Serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di momen Hari AIDS Sedunia ini, Dewi mengajak semua pihak untuk mencegah penyebaran virus HIV.

“Jangan sampai ada komunitas baru di Ciamis, mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi yang positif HIV/Aids,” pungkasnya. (AsepFR/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya