Selasa, Juli 23, 2024

Jelang KBM Tatap Muka, Puluhan Guru di Ciamis Jalani Swab Tes

DJAVATODAY.COM, CIAMIS – Puluhan guru di Ciamis mulai menjalani Swab Tes atau Tes PCR. Hal tersebut dilakukan, sebagai persiapan jelang kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

Dalam Swab tes ini, ada sebanyak 24 guru SD dan MI jalani swab tes, yang dilaksanakan di Puskesmas Ciamis, Kabupaten Ciamis, Selasa (18/8/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, Bayu Yudiawan mengatakan, kegiatan swab test dalam rangka persiapan KBM tatap muka di Ciamis. Pelaksanaannya bertahap, tergantung kemampuan logistik.

“Dalam swab tes ini, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara random, namun prioritas adalah guru di ciamis yang mengajar di tingkat bawah seperti kelas 1. Karena anak-anak termasuk rentan tertular COVID-19,” katanya.

Bayu menjelaskan, jadwal pelaksanaan tes disusun, sebagian sudah ada yang mulai. Jadi setiap ada logistik atau alat untuk mengambil sampel lendir, akan langsung dilakukan tes.

Hasil tes ini, lanjut dia, kemungkinan bisa cepat. Mesin PCR di RSUD Ciamis bisa segera digunakan yang saat ini sudah ada nomor registrasi dalam proses izin operasinya dan legalitas.

“Tes PCR ini di fasilitasi dari APBD Ciamis. Sehingga para guru tidak perlu khawatir, karena tes ini gratis. Saat ini ada yang berpikir swab test untuk guru di Ciamis harus dari biaya sendiri. Itu tidak benar,” jelasnya.

Bayu mengungkapkan, pelaksanaan KBM tatap muka di sekolah, itu keputusanya ada di Dinas Pendidikan. Pihak Gugus Tugas, hanya melakukan pemantauan dan rekomendasi. Untuk sampai saat ini Ciamis masih zona kuning.

“Target sebelumnya, KBM itu dilaksankan di bulan Agustus di Ciamis. Namun, kemungkinan besar akan dilaksanakan di bulan September mendatang. Tapi itu juga nantinya kita melihat situasi dan kondisi zonasi dulu,” ungkapnya.

Sebelum KBM dilaksanakan, tambah Bayu, nantinya akan dilaksanakan simulasi terlebih dahulu. Selain itu pertimbangan dari orang tua dan rapat komite diperhatikan dalam pelaksanaannya.

“Jika orang tua siswa tidak mengizinkan anaknya KBM tatap muka. Maka, bisa saja nantinya pembelajaran sistem daring masih diberlakukan,” pungkasnya.*FR/DJavatoday

Cegah Terjadinya Tiga Dosa Besar, Disdik Ciamis Mempunyai TPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya pencegahan terjadinya tiga dosa besar di lingkungan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis mempunyai Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK). Kabid GTK...

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya