Jumat, Mei 24, 2024

Duta Akhlak dan Duta Zakat di Ciamis Diberikan Pelatihan ESQ

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baznas Provinsi Jawa Barat kerja sama dengan Baznas Ciamis menggelar Training atau pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) untuk Duta Akhlak dan Duta Zakat yang ada di Kabupaten Ciamis, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan digelar di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis. Aef Saefuloh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan membuka langsung kegiatan tersebut.

Aef mengatakan acara pelatihan ESQ ini sangat penting untuk membangun duta akhlak dan duta zakat. ESQ ini merupakan cara untuk mengendalikan sebuah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

“Persoalannya seperti ini bagaimana menilai emosi manusia. Apa parameter dari kedewasaan. Kedewasaan tidak diukur dari usianya, tidak diukur dari pendidikannya. Bagi saya ukuran kedewasaan itu dari bagaimana ia sudah mampu menghargai orang lain,” ucap aef.

Didin Sa’adudin, Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Baznas Ciamis, menjelaskan tujuan pelatihan ESQ ini untuk membangun para duta zakat yang nantinya akan memberikan edukasi. Terutama pada agniya yang ada di Kabupaten Ciamis.

Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural yang kewenangannya mengumpulkan zakat infaq dan juga sodaqoh dari masyarakat.

Peserta dari acara pelatihan ESQ ini kurang lebih 200 orang. Terdiri dari perwakilan dari penyuluh agama honorer, penyuluh agama negeri, Ketua DMI tiap kecamatan, dan juga ketua upz tiap kecamatan.

Pihaknya pun berharap dengan adanya duta akhlak dan juga duta zakat pengumpulan penghimpunan dari zakat infak dan sodaqoh bisa meningkat lagi.

“Para agniya, para orang kaya dan juga pengusaha harapan ke depannya bisa mengeluarkan zakat melalui Baznas,” ucapnya.

Sampai 26 Desember 2022, Baznas Ciamis pun berhasil mengumpulkan zakat sampai Rp 17,3 miliar. Padahal target tahun ini hanya 13 miliar. Target tahun 2023 mencapai Rp 18,2 miliar.

“Mudah-mudahan dengan adanya duta zakat target tahun depan pun bisa terealisasi,” pungkasnya. (Ajeng/CN/Djavatoday)

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya