Kamis, Juli 18, 2024

Dorong Pelaku UMKM Ciamis Berdaya Saing, DKUKMP Ciamis Sosialisasi Label, Kemasan Produk Kerajinan-Fashion

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pelaku UMKM masa kini harus berdaya saing dan berinovasi dalam menjalankan usahanya. Untuk itu, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis memberikan sosialisasi label dan kemasan produk kerajinan dan fashion bagi pelaku UMKM Ciamis, Senin (29/1/2024).

Kegiatan yang diikuti puluhan perwakilan UMKM dari Kecamatan Baregbeg dan Sadananya. Bertempat di Aula Kantor Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg.

Kepala Bagian Industri DKUKMP Ciamis, Dini mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM tentang label dan kemasan produk serta pemasarannya.

Menurutnya, pada era globalisasi ini, setiap pelaku usaha harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan usahanya.

Sehingga, lanjutnya, para pelaku usaha akan tetap eksis dan berdaya saing khususnya dengan para competitor produk sejenis.

“Maka kami mendorong para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk dan sampai pada pemasaran,” kata Dini.

Dini menjelaskan, label merupakan salah satu bagian dari produk berupa keterangan baik gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai informasi produk dan penjual.

Sedangkan kemasan merupakan wadah atau pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk.

“Fungsi kemasan ini selain menjadi wadah juga untuk melindungi, mempromosikan prodak. Juga sebagai alat pemasaran, membangun identitas brand produk serta meningkatkan daya jual,” terangnya.

Dini pun berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha dan menguatkan daya saing produk. Sekaligus penguatan pasar yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi motivasi kepada para pelaku UMKM Ciamis untuk terus berinovasi dan berkarya. Sehingga dapat merangsang dunia industri untuk terus berkembang dan produktif,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya