Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DKUKMP Ciamis Buka Sejumlah Layanan untuk Pelaku Usaha di Gerai UMKM

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis telah menghadirkan Gerai UMKM di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Maleber.

Gerai tersebut menjadi pusat layanan dan memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis. Dari mulai konsultasi hingga pemasaran produk.

Asep Khalid Fajari, Kepala DKUKMP Ciamis menuturkan, gerai UMKM ini merupakan dukungan Pemkab Ciamis terhadap para pelaku usaha lokal Ciamis. Sehingga pertumbuhan perekonomian daerah meningkat.

“Ini adalah komitmen pemerintah dalam membangkitkan UMKM di Kabupaten Ciamis,” jelasnya, Kamis (2/11/2023).

Gerai UMKM ini juga menampung sejumlah produk unggulan Ciamis. Selain itu, pelaku UMKM bisa mendapat sejumlah pelayanan untuk mengurus kelengkapan administrasi usahanya. Seperti perizinan label halal dan lainnya. Asep menegaskan layanan administrasi yang ada di Gerai UMKM Ciamis itu gratis.

“Ini untuk memudahkan akses pada pelaku usaha. Untuk pembinaan, pelatihan, konsultasi, pendampingan produksi, pemasaran dan juga perizinan. Seperti NIB, label halal dan lainnya. Sehingga produk UMKM Ciamis ini punya administrasi yang jelas, lisensi,” tuturnya.

Asep menerangkan produk UMKM tanpa ada administrasi dan syarat-syarat yang terpenuhi bakal membuat konsumen menjadi tidak tertarik. Namun ketika semuanya sudah ditempuh dan memiliki persyaratan yang terpenuhi maka akan menjadi daya tarik. Sehingga produk usahanya dapat maju dan berkembang.

“Termasuk dalam pengemasannya. Kalau kemasan dan kualitasnya bagus, itu bisa bersaing di pasaran dengan produk luar,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya