Sabtu, Juli 20, 2024

Disdukcapil Ciamis Berikan Layanan Khusus Bagi Kelompok Marjinal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis memberikan layanan khusus bagi kelompok marjinal. Khususnya untuk lansia, disabilitas, ibu menyusui dan ibu yang membawa anak ketika akan mengurus administrasi kependudukan.

Lansia, disabilitas, ibu menyusui dan ibu yang membawa anak akan mendapatkan layanan cepat tanpa perlu antre ketika mendatangi kantor Disdukcapil Ciamis. Mereka akan mendapatkan pelayanan khusus dan loket khusus.

Bila masyarakat umum yang akan mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil perlu antre menunggu panggilan di ruang tunggu. Tapi untuk Lansia, disabilitas, ibu menyusui dan yang bawa anak dipersilahkan langsung masuk menuju ruang tunggu di dalam kantor.

Selanjutnya petugas akan mendampingi mereka dan membawa dokumen yang diperlukan. Selanjutnya yang bersangkutan dari kaum marjinal itu akan langsung dilayani diloket khusus. Sehingga tak perlu menunggu lama, administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan lainnya bisa diperoleh dengan cepat.

“Kami Disdukcapil Ciamis memiliki layanan khusus bagi warga marjinal. Kita berikan pelayanan loket khusus untuk melayani mereka. Yaitu lansia, disabilitas, ibu menyusui dan yang bawa anak. Kamis edisksn petugas khusus dan memberikan layanan secara khusus,” ujar Kepada Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Supyan.

Yayan menegaskan masyarakat Ciamis tidak perlu khawatir dalam mengurus kependudukan. Semua kalangan mendapatkan pelayanan secara maksimal, khususnya bagi kelompok marjinal yang memang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Selain layanan khusus di kantor, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis juga mempunyai inovasi yakni Jempol Gadis Manis.

Jempol Gadis Manis sendiri merupakan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dengan cara jemput bola bagi warga disabilitas, sakit dan manula di Kabupaten Ciamis. Pelayanan jemput bola ini untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Pelayanan tersebut hanya untuk masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor dalam artian sakit, lanjut usia, disabilitas. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya