Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Disdukcapil Ciamis Berikan Layanan Khusus Bagi Kelompok Marjinal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis memberikan layanan khusus bagi kelompok marjinal. Khususnya untuk lansia, disabilitas, ibu menyusui dan ibu yang membawa anak ketika akan mengurus administrasi kependudukan.

Lansia, disabilitas, ibu menyusui dan ibu yang membawa anak akan mendapatkan layanan cepat tanpa perlu antre ketika mendatangi kantor Disdukcapil Ciamis. Mereka akan mendapatkan pelayanan khusus dan loket khusus.

Bila masyarakat umum yang akan mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil perlu antre menunggu panggilan di ruang tunggu. Tapi untuk Lansia, disabilitas, ibu menyusui dan yang bawa anak dipersilahkan langsung masuk menuju ruang tunggu di dalam kantor.

Selanjutnya petugas akan mendampingi mereka dan membawa dokumen yang diperlukan. Selanjutnya yang bersangkutan dari kaum marjinal itu akan langsung dilayani diloket khusus. Sehingga tak perlu menunggu lama, administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan lainnya bisa diperoleh dengan cepat.

“Kami Disdukcapil Ciamis memiliki layanan khusus bagi warga marjinal. Kita berikan pelayanan loket khusus untuk melayani mereka. Yaitu lansia, disabilitas, ibu menyusui dan yang bawa anak. Kamis edisksn petugas khusus dan memberikan layanan secara khusus,” ujar Kepada Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Supyan.

Yayan menegaskan masyarakat Ciamis tidak perlu khawatir dalam mengurus kependudukan. Semua kalangan mendapatkan pelayanan secara maksimal, khususnya bagi kelompok marjinal yang memang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Selain layanan khusus di kantor, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis juga mempunyai inovasi yakni Jempol Gadis Manis.

Jempol Gadis Manis sendiri merupakan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dengan cara jemput bola bagi warga disabilitas, sakit dan manula di Kabupaten Ciamis. Pelayanan jemput bola ini untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Pelayanan tersebut hanya untuk masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor dalam artian sakit, lanjut usia, disabilitas. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya