Sabtu, April 20, 2024

Dinsos Ciamis Berikan Bantuan untuk Korban Rumah Ambruk di Rajadesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebagai respons cepat, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis memberikan bantuan untuk warga korban yang rumahnya ambruk di Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Bantuan itu berupa sembako dan alat tidur.

“Kami sudah berikan bantuan sembako dan alat tidur. Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan meringankan korban yang rumahnya ambruk,” ujar Kepala Dinsos Ciamis Eka Permana Oktaviana, Senin (20/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Eka pun mengimbau masyarakat untuk waspada. Terutama pada saat ini yang mulai memasuki peralihan musim dari kemarau ke hujan. Warga yang rumahnya lapuk dan dekat pohon besar supaya berhati-hati.

“Apabila pohonnya sudah tua sebaiknya tebang untuk mencegah roboh dan menimpa rumah. Sementara bagi yang rumahnya nampak lapuk dan berpotensi membahayakan sebaiknya mengungsi ketika turun hujan lebat,” ucapnya.

Eka pun menegaskan Dinsos Ciamis bekerja sama dengan Tagana berkomitmen membantu masyarakat yang terdampak bencana. Kapan pun selama 24 jam full siap turun membantu masyarakat.

“Kami siap siaga membantu masyarakat Ciamis yang mengalami terdampak bencana,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FK Tagana Ciamis Ade Waluya pun menegaskan pihaknya siap siaga 24 jam dalam membantu masyarakat. Bencana yang kerap terjadi di Ciamis, selain rumah ambruk adalah, longsor, banjir dan pohon tumbang.

“Kami imbau masyarakat yang rumahnya dekat tebing atau dekat sungai untuk waspada. Ciamis Selatan merupakan salah satu daerah rawan bencana,” ucapnya.

Sekadar informasi, warga Rajadesa korban rumah ambruk yang mendapat bantuan itu adalah Dadang (52) alamat Dusun Cilumbu, Desa Tanjungjaya. Rumahnya ambruk pada Rabu (15/11/2023) karena sudah lapuk dan akibat guyuran hujan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya