Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cegah Corona B117, Ini Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Ditambahkan lagi muncul virus Corona terbaru yakni B117 yang sudah masuk di wilayah Karawang, Jabar. Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis kini terus berupaya menangani Covid-19, termasuk mencegah Corona B117.

Dinas Kesehatan Ciamis pun mengusulkan adanya travel banned atau mencegah perjalanan ke daerah yang disinyalir dicurigai terdapat penyebaran virus Corona varian terbaru itu.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan mengakui sampai saat ini Ciamis kekurangan fasilitas dalam pemeriksaan penentu dari virus Covid-19.

“Itu kan perlu proses whole genome sequecing virus utuh. Dengan keterbatasan ini, paling penting kita melakukan kewaspadaan secara menyeluruh,” ungkap Bayu, Sabtu (6/3/2021).

Salah satu cara guna mencegah perjalanan itu, dengan memperbaharui informasi tempat-tempat yang telah terdeteksi penyebaran virus B117.

“Setelah mengupdate tempat mana saja yang tidak boleh dikunjungi, langsung buat travel banned ke daerah itu. Tapi yang paling baik mencegahnya dengan meminimalisir perjalanan ke luar kota. Sehingga bisa meminimalisir interaksi yang berpotensi menyebabkan penularan,” ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis pun senantiasa berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 guna mencegah penularan virus corona. Bahkan Pemkab Ciamis pun kini memberlakukan lagi larangan bagi para ASN untuk ke luar daerah.

“Tapi yang paling penting adalah kembali kepada protokol kesehatan 5M. Itu adalah cara yang paling penting dalam mencegah Covid-19 maupun varian baru B117 itu,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan laporan adanya varian virus Corona baru dari Inggris yakni B117. Virus itu ditemukan di Kabupaten Karawang. (CN/AY/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya