Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Agun Gunandjar: Data Presisi Diperlukan Agar Bantuan Tepat Sasaran

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penyaluran bantuan saat ini banyak menuai protes lantaran dianggap tidak tepat sasaran. Agun Gunandjar Sudarsa, Anggota DPR Fraksi Golkar menilai untuk mengatasi hal itu diperlukan data presisi yang disusun di tingkat desa.

Menurutnya, dalam penyaluran berbagai bantuan sosial saat ini pemerintah selalu menggunakan data BPS. Hal itu sesuai dengan undang-undang. Sedangkan data tersebut menurutnya kurang akurat.

“Selama bantuan sosial, pembangunan ini menggunakan data BPS maka akan tetap seperti ini, penyaluran bantuan tidak tepat sasaran,” ungkap Agung saat berada di Ciamis, Sabtu (24/4/2021).

“Dibeberapa daerah saya selalu bicara Bupati, Wali Kota dan Gubernur segera buat data presisi dari tingkat desa. Jadikan data itu sebagai dasar perencanaan pembangunan lalu diputuskan dalam Musrenbang,” tambah Agun.

Agun Gunandjar pun telah meminta DPR supaya menyempurnakan Undang-undang statistik data presisi. Hingga kini data BPS dijadikan satu-satunya data dalam penyusunan rancangan pembangunan. Agun menilai data BPS hingga kini akurasinya hanya lewat survei.

“Saya lebih percaya terhadap data presisi, bukan berarti tidak percaya data BPS. Tapi akurasi data presisi ini tingkatnya mencapai 99 persen,” jelasnya.

Menurut Agun Gunandjar, menyusun data presisi itu tidak begitu sulit. Karena semua yang dibutuhkan ada mulai dari tingkat desa, baik data kependudukan dengan semua aspeknya. Jumlah warga, pekerjaan, hobi, bahkan bila perlu data jumlah perokok sekalipun.

“Data presisi ini sangat bermanfaat dalam menentukan kebijakan pembangunan. Termasuk dalam hal penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran. Sehingga nanti tidak ada lagi masyarakat yang teriak-teriak tidak dapat bantuan,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya