Selasa, Juni 25, 2024

Dampak Body Shaming pada Remaja, Terutama Bagi Para Korban

Halo good People. Seiring berkembangnya zaman, kecantikan menjadi hal utama khususnya bagi wanita. Bahkan banyak orang yang menerapkan standar kecantikan. Oleh karena itu munculah dampak body shaming pada remaja yang disebabkan karena tidak memenuhi standar kecantikan.

Body shaming sendiri merupakan suatu guyonan yang menyerang seseorang berdasarkan pada bentuk fisik. Biasanya bagi para pelaku body shaming merupakan candaan biasa. Namun jangan salah body shaming sendiri memiliki banyak dampak kepada korban. Khususnya bagi perempuan.

Body shaming biasanya terjadi pada perempuan yang tidak memenuhi standar banyak orang. Orang-orang membuat standar jika cantik itu harus putih, langsing dan tinggi. Orang yang hitam, gendut ataupun pendek biasanya menjadi bahan bully para pelaku.

Hampir Semua Korban Mengalami Dampak dari Body Shaming

Hampir setiap korban mengalami hal negatif dari adanya body shaming. Antara lain :

Depresi

Depresi merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena adanya tekanan batin. Depresi ini biasa terjadi pada remaja yang mengalami body shaming. Biasanya seseorang yang depresi akan merasakan perasaan khawatir, cemas dan takut. Mereka akan kehilangan semangat bahkan harapan hidup.

Kehilangan Kepercayaan Diri dan Menjadi Insecure

Dampak body shaming yang kedua adalah kehilangan kepercayaan diri. Seseorang yang mengalami body shaming akan dengan mudah kehilangan rasa percaya dirinya. Selain itu mereka juga akan merasa insecure atau tidak aman.

Menghambat Perkembangan

Tidak main-main, seorang yang terkena bullying atau body shaming dapat menghambat perkembangan. Karena biasanya para korban akan menarik diri dari lingkungannya. Sehingga mental nya menjadi rendah dan terganggu.

Mengubah Diri Secara Ekstrim

Karena harus sesuai dengan standar kecantikan orang lain. Maka mereka akan mengubah dirinya secara ekstrim.

Misalnya, karena seseorang ini kurang langsing maka mereka akan diet ketat. Bahkan mengganggu kesehatannya. Tidak sedikit juga orang melakukan operasi plastik untuk mendapat bentuk tubuh yang diinginkan.

Self-harm

Ini yang paling bahaya dari dampak body shaming kepada remaja. Mereka yang menjadi korban tak segan untuk menyakiti dirinya sendiri. Bahkan yang terparah adalah bunuh diri. Tidak sedikit orang yang bunuh diri karena ada temannya yang mengejek, misalnya.

Dampak body shaming pada remaja adalah sebuah hal yang menakutkan. Namun bisa saja tanpa disadari kitalah yang menjadi pelakunya. Bahkan dengan kata “Kamu gendutan ya” Itu dapat menyakiti hati orang. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya