Senin, Juni 17, 2024

Ciamis Kopi Bis, Cara Lain Menikmati Kopi Sambil Jalan-jalan

Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis terus berinovasi guna memajukan wisata di Ciamis. Kali ini meluncurkan program Ciamis Kopi Bis atau Cikobis. Dengan wahana baru ini, wisatawan bisa menikmati segelas kopi sambil berkeliling perkotaan Ciamis atau pun ke salah satu destinasi pilihan.

Dalam waktu dekat, Cikobis ini akan segera diluncurkan untuk masyarakat umum. Saat ini sedang dalam tahap percobaan. Meski demikian, warga sangat menanti-nanti wahana dengan konsep kedai kopi di dalam sebuah bus.

Ciamis Kopi Bis ini dari luar nampak seperti bus angkutan pada umumnya. Namun ketika masuk ke dalam, penumpang akan merasakan sensasi lain. Desain interiornya menyerupai semuah kafe atau rumah makan dengan kursi saling berhadapan dan ditengahnya terdapat sebuah meja.

Cikobis ini memiliki kapasitas 20 orang. Program ini terwujud setelah BPPD Ciamis bekerjasama dengan perusahaan otobus asli dari Ciamis yakni Sumber Jaya Trans.

Rencananya, Cikobis ini memiliki tarif mulai dari Rp 50 ribu. Fasilitas yang akan didapatkan oleh wisatawan berupa bus ber AC, mendapat 1 gelas kopi panas/dingin dengan aneka menu dari Makikan Caffe. Ada juga snack camilan khas Kabupaten Ciamis seperti makaroni, galendo, sale dan lainnya. Plus ada seorang tour guide untuk memberi informasi seputar Ciamis.

Direktur Eksekutif BP2D Ciamis Tommy Surjanto menjelaskan Ciamis Kopi Bis ini sebuah inovasi agar pariwisata Ciamis terus menggeliat meski di masa pandemi Covid-19.  Dalam operasionalnya, pengelola siap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Ada dua  aramda Cikobis yang disiapkan.

“Cikobis ini adalah inovasi baru dari kami bekerjasama dengan PO Sumber Jaya, semoga dengan wahana ini, wisata Kabupaten Ciamis terus berkembang dan diterima oleh masyarakat. Sekarang dalam tahap persiapan peluncuran. Pemesanan atau reservasi bisa dilakukan,” kata Tommy, Rabu (7/10/2020).

Rute Ciamis Kopi Bis

Sebetulnya, pada dasarnya Cikobis ini tak jauh beda dengan Bus Wisata Gatrik yang sudah lebih dulu ada. Tujuannya membawa wisatawan berkeliling perkotaan Ciamis dan berkunjung ke destinasi wisata yang ingin dikunjungi.  Tapi bedanya, Cikobis ini menggunakan bus tertutup dan memiliki konsep ala Kafe.

Dalam masa pandemi ini, sementara ada pembatasan kapasitas. Pengunjung pun harus memakai masker dan cuci tangan terlebih dulu sebelum naik bus kedai kopi ini.

Dengan tarif Rp 50 ribu, rute yang dilalui dari Sekretariat TIC wisatawan dibawa ke arah Jalan Lingkar Selatan, kemudian melintasi Taman Makam Pahlawan, lalu ke Taman Lokasana, ke perkotaan Ciamis lalu kembali ke TIC. Dengan perjalanan sekitar 2 jam.  

Ciamis Kopi Bis ini juga bisa membawa wisatawan ke lokasi destinasi wisata. Hanya saja untuk tarif tiketnya disesuaikan dengan jarak dan lokasi wisatanya. Nantinya akan ada beberapa pilihan trip atau perjalanan, tentunya harga tiketnya berbeda-beda. (CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya