Rabu, Juni 19, 2024

Cerita di Balik Kesenian Mengmleng Kawali Ciamis, Punya Aura Magis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis memiliki sejumlah kesenian yang menarik dan punya khas masing-masing. Salah satunya Kesenian Mengmleng dari Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Konon kesenian ini memiliki aura magis yang kuat. Tidak sembarangan orang dapat memainkannya. Hanya keturunan dari Kerajaan Galuh saja yang bisa memainkannya. Mengmleng artinya kucing besar yang berarti harimau.

Kepala Mengmleng terbuat dari kayu kaboa, sedangkan tubuhnya terbuat dari kerangka kayu yang dibalut dengan kadut.

Menurut cerita turun temurun, konon pada zaman dulu putar Raja Sakti anak dari Eyang Maharaja Kawali mau disunat. Ia punya permintaan ingin menunggangi Harimau. Namun setelahnya meminta restu pada Prabu Siliwangi tidak diizinkan, beliau malah memberinya tunggul kayu kaboa. Lalu tunggul kayu kaboa tersebut diukir dengan bentuk menyerupai kepala harimau.

Hasilnya, setelah tunggul kayu kaboa dibentuk topeng seperti kepala harimau, masuk sosok mahluk harimau dan topeng tersebut seringkali berubah wujud menjadi harimau besar.

Dalam menampilkan Mengmeng Meleng tersebut tidak sembarangan tetapi harus melalui ritual terlebih dahulu agar bisa berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan apapun.

Menurut Rd. Enda Juanda salah seorang keturunan pembuat Meng Mleng warga Winduraja, sebelum penampilan harus diadakan ritual (Nyuguh) sesaji lengkap diantaranya dengan menyediakan Kelapa muda hijau, Congcot, Surutu, rokok gudang garam merah, bunga tujuh rupa dan lain nya.

“Sesajian itu harus disediakan satu malam sebelum Meng Mleng itu akan digunakan untuk pentas,” ucapnya.

Enda menuturkan, kalau sesajen itu belum terpenuhi Mengmleng tidak mau pergi ke lokasi pentas. Kesenian Mengmleng biasa dipentaskan pada acara tertentu seperti agustusan atau kegiatan kebudayaan. (Andra/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya