Rabu, Juni 19, 2024

Cara Dinsos Ciamis Pulihkan Psikososial Anak Terdampak Pergerakan Tanah di Cihaurbeuti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui Taruna Sigana Bencana (Tagana) melakukan pemulihan psikososial terhadap anak korban terdampak pergerakan tanah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Minggu (12/5/2024).

Kegiatan pemulihan Psikososial itu digelar di Tanah Lapangan Sepakbola, Desa Sukamaju. Sejumlah permainan pun dilakukan dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB.

Ketua Penasihat Tagana Ciamis Ade Deni mengatakan kegiatan itu dalam rangka memulihkan kondisi psikologis anak-anak.

Dia menuturkan bahwa pihaknya hanya menjalankan amanah dari Kadis Sosial Ciamis untuk membantu memulihkan psikososial anak. Mereka dari tingkat TK sampai SMP.

“Kami hanya mengemban tugas dari Kadis Sosial Ciamis, untuk membantu anak-anak pasca pergerakan tanah. Mereka merupakan anak yang terdampak gempa Garut beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, tugas mulia ini harus dijalankan sesuai dengan amanah. Pemulihan psikososial ini diikuti oleh 80 anak. Mereka terlihat aktif dan gembira dalam kegiatan bersama tersebut.

Tujuan dari kegiatan pemulihan psikososial untuk pemulihan mental anak yang berkaitan dengan pergaulan sehari-hari dengan sesama temannya pasca mengalami pengalaman pahit pergerakan tanah.

Dalam acara tersebut panitia mengemas kegiatan yang melibatkan semua anak sehingga mereka dapat bersenang-senang dengan teman lainnya, tanpa takut bencana tanah bergerak.

Ada berbagai materi yang diberikan terutama bersifat edukatif terhadap anak.

Diantaranya apa yang dilakukan bila terjadi pergerakan tanah, beberapa kegiatan fun game untuk menghibur anak-anak tersebut dan juga memberikan berbagai door prize.

“Mereka juga dapat bermain flying fox bersama para pengantar atau ibu yang menemani selama kegiatan bersama tersebut,” katanya.

Ade berharap adanya kegiatan bersama tersebut, dapat membantu pemulihan kondisi psikososial yang terdampak bencana pergerakan tanah. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya