Rabu, Oktober 27, 2021

Bus Angkutan Beroperasi Lagi, Tapi Penumpang di Terminal Ciamis Sepi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bus angkutan beroperasi lagi setelah terhenti karena adanya penyekatan selama mudik 2021. Seperti di Terminal Ciamis yang kini mulai kembali didatangi bus baik AKAP maupun AKDP, Rabu (19/5/2021).

Meski sudah beroperasi, tapi penumpang yang datang ke Terminal Ciamis masih sedikit bahkan cenderung sepi. Pemandangan tersebut berbeda jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini pun dikeluhkan oleh warga Terminal dari mulai awak angkutan, pedagang dan lainnya.

Baca juga:

Terlihat bus angkutan yang beroperasi lagi yang masuk Terminal Ciamis dari berbagai jurusan, terutama ke arah Barat seperti Bandung, Jakarta, Bekasi hingga Banten.

“Sudah beroperasi lagi seperti biasa. Hanya penumpangnya yang belum ada. Sepi. Mungkin karena tidak ada yang mudik. Paling penumpang itu adanya hanya pagi. Kalau siang sampai sore sepi,” ujar Dimas Septiandana, Pengurus Jalur Bus Harum.

Sementara itu, Ferry Rochwandi, Kepala UPTD Terminal Ciamis membenarkan aktivitas terminal kini kembali normal dengan protokol kesehatan. Beberapa batasan pun diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Bus angkutan sudah beroperasi kembali. Sudah berjalan dengan lancar dan kondusif. Tapi dengan situasi pandemi ini tidak 100 persen,” katanya.

Ferry pun tidak mengangkal saat ini penumpang cenderung sepi di Terminal Ciamis. Hal ini lebih disebabkan karena tahun ini ada larangan mudik dan bus berhenti beroperasi. Ciamis sebagai tujuan pemudik otomatis sedikit yang datang.

“Ada warga yang pulang kampung itu kebanyakan sebelum adanya masa penyekatan. Setelah itu tidak ada yang pulang naik angkutan bus. Sehingga saat ini penumpang yang akan balik merantau tergolong sepi,” katanya.

Selain itu, adanya persyaratan harus menunjukan hasil tes antigen di daerah tujuan membuat warga belum bisa berangkat.

“Sebagian mungkin belum mengurus administrasi hasil tes Covid-19 dan sebagainya,” pungkasnya. (Ay/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU