Rabu, Juni 19, 2024

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang air berbahan baja ringan di gudang pakan ayam Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kamis (23/5/2024).

Menurut informasi, Maman Rustaman, bekerja dengan seorang rekannya. Maman ketika itu membawa talang air berbahan baja ringan ke atap gudang. Sedangkan rekannya berada di bawah.

Diduga talang berbahan baja ringan yang cukup panjang itu menyentuh jaringan kabel PLN bertegangan 20 KV. Maman pun langsung tersengat listrik. Talang itu tetap menempel ke jaringan PLN dan tubuh korban, sehingga Maman tewas di lokasi kejadian. Kondisi tubuh korban terbakar.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung melapor ke pemerintah desa. Kemudian Pemerintah Desa Cimari langsung menghubungi Damkar dan BPBD Ciamis serta polisi untuk melakukan evakuasi.

Kepala Desa Cimari Riky Aryana membenarkan kejadian tersebut. Korban bernama Maman Rustaman (56) warga Linggasari Ciamis. Sedangkan TKP berada di Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng.

“Saya mendapat laporan dari warga ada orang kesetrum, kejadiannya 8.45 WIB. Korban meninggal dunia. Sedang benerin talang air dari baja. Korban yang manggul talang lalu kena kabel PLN. Kalau yang satu lagi aman,” ujar Riky ditemui di lokasi kejadian.

Korban dievakuasi oleh BPBD Ciamis dengan vertikal rescue. Setelah berhasil diturunkan korban langsung dibawa ke RSUD Ciamis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tanggapan PLN Warga Tersengat Listrik

Achmad Hidayat, Tim Leader K3LK PLN ULP Ciamis menjelaskan bangunan dengan jaringan PLN terbilang pada jarak aman. Namun korban kesetrum karena talang baja yang dibawa berukuran panjang sehingga menyentuh jaringan PLN bertegangan 20 KV.

“Mengenai kejadian ini memang ketika akan melakukan pekerjaan pemasangan genteng itu tidak ada koordinasi dengan PLN, jadi di luar kendali kami. Ada baiknya apabila ada pekerjaan seperti itu koordinasi dengan PLN,” kata Achmad.

Achmad mengatakan tegangan jaringan tersebut tinggi. Sehingga sekian detik saja terkena bisa mengakibatkan kematian. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya