Sabtu, Juli 13, 2024

Bumdes Sukawening Ciamis Olah dan Kembangkan Kopi Arabika

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sukawening Jaya kini mengembangkan kopi Arabika sebagai komoditas unggulan. Pemerintah Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pun turut mendorong agar produk kopi Arabika tersebut menjadi unggulan.

Bumdes Sukawening Jaya saat ini tidak hanya mengolah biji kopi hanya untuk minuman saja. Namun juga mampu memasarkan kopi Arabika tersebut sampai tembus ke Amerika.

“Saat ini Bumdes sudah mampu memproduksi kopi yang rasanya dapat bersaing dengan kopi luar negri, ini yang sedang kita terus kembangkan ,” kata Kades Sukawening Hendi Hermawan. Rabu ( 1/3/2023).

Hendi menjelaskan, saat ini Bumdes bekerja sama dengan pada petani kopi Desa Sukawening untuk menampung hasil panen. Saat ini hasil panen biji kopi dari Desa Sukawening mencapai 30 ton.

“Memang saat ini mesin pengolahan kopi milik Bumdes Sukawening Jaya masih terbatas. Jadi sebagian biji kopi masih ada yang jualnya ke luar,” jelas Hendi.

Hendi pun berharap pemerintah daerah juga bisa terjun dan melakukan pembinaan kepada Bumdes dan masyarakat petani kopi. Sehingga hasil produksi kopi Arabika dari Sukawening bisa lebih optimal. Selain itu bisa menjadi hal paten dari Desa Sukawening.

“Warga kami memang sebagian besar petani kopi. Baik lahan milik pribadi atau kerja sama dengan Perhutani. Sehingga ini bisa menjadi salah satu pilar ekonomi untuk masyarakat,” katanya.

Hendi menyebut kualitas kopi Sukawening telah mendapat pengakuan dari Komunitas Kopi Tasikmalaya dan masuk dalam brand exelent. Dengan menggunakan kemasan khusus, kopi Sukawening sudah masuk pasar swalayan hingga kafe. (Andra/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya