Minggu, Mei 26, 2024

Bangunan Situs Jambansari Ciamis Kondisinya Memprihatinkan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bangunan peneduh makam RAA Kusumadiningrat di Situs Jambansari Ciamis, Jawa Barat, kondisinya kini memprihatinkan. Salah satu tempat ikonik Ciamis ini membutuhkan perbaikan segera.

RAA Kusumadiningrat merupakan Bupati Galuh yang berjasa dalam pembangunan Kabupaten Galuh atau sekarang Ciamis. Pada masa nya, rakyat Galuh sejahtera dan makmur.

Terlihat kondisi kayu penopang terlihat sudah banyak yang keropos. Bagian pagar makam pun terlihat sudah bengkok. Termasuk kayu penyangga atap sudah bergeser dari tembok..

Juru Kunci Situs Jambansari Nandang Sembada membenarkan kondisi bangunan Situs Jambansari Ciamis saat ini sudah rusak. Bangunan tersebut terbuat dari kayu jati, bangunan tersebut usianya sudah tua sejak Kanjeng Prebu menjabat.

“Bangunan ini dulunya gazebo tempat istirahat Kanjeng Prebu dan sekarang jadi makam. Kondisinya sudah keropos, bahkan kemiringan atap sudah 25 derajat, khawatir ambruk,” ujar Nandang, Minggu (20/11/2022)

Untuk menopang agar tidak ambruk, pihak yayasan pun memasang tiang besi. Namun idealnya, bangunan tersebut seharusnya diperbaiki total.

“Terakhir direnovasi sekitar tahun 1878 dan dipasang besi penopang untuk menjaga agar atapnya tidak ambruk. Setelah itu hanya ada perbaikan dan perawatan kecil saja,” jelasnya.

Nandang pun berharap instansi pemerintah terkait turut memperhatikan kondisi bangunan Situs Jambansari. Bagaimana pun situs tersebut bagian dari sejarah Kabupaten Galuh. Terlebih saat ini Pemkab Ciamis sedang berupaya untuk mengembalikan nama Ciamis jadi Galuh.

Situs Jambansari ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Ciamis. Letaknya yang strategis tepat pada pusat kota membuat Jambansari banyak pengunjung yang datang. Baik untuk ziarah atau pun tujuan wisata heritage.

“Harapannya segera ada perbaikan, terutama perhatian dari instansi pemerintah terkait. Kalau tidak segera khawatir ambruk,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya