Minggu, Oktober 17, 2021

Bangkitkan Ekonomi, Pemkab Ciamis Beri Pelatihan Wirausaha UMKM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis berupaya membangkitkan ekonomi dimasa pandemi COVID-19. Para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Ciamis mendapat pelatihan wirausaha dari Pemkab Ciamis kerja sama dengan pihak swasta (PT Indomarco Prismatama), Rabu (30/6/2021) di Aula Dekopinda.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis David Firdha menuturkan sedikitnya ada 60 UMKM binaan DKUKMP yang ikut serta. Tujuannya untuk mendorong UMKM bisa berkembang dan memiliki daya saing. Terutama dimasa pandemi ini agar bisa bangkit.

Baca juga:

“Kita menjalin kemitraan dengan ritel modern, supaya produk UMKM Ciamis bisa masuk ke ritel modern sehingga menjadi peluang dengan jangkauan pasar yang lebih luas,” ujar David.

Melalui pelatihan wirausaha ini bisa meningkatkan pertumbuhan UMKM Ciamis yang saat ini belum optimal. Para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya dan memperluas jaringan pasar.

“Kemarin kita sudah ajukan 35 produk UMKM yang umumnya makanan ringan untuk mendapat kurasi dari toko modern,” ungkapnya.

Branch PT Indomarco Prismatama Cabang Cirebon L Sanjaya Trio Purnomo mengatakan pelatihan ini sebagai salah satu perusahaan turut berupaya agar UMKM bisa bertahan dimasa pandemi COVID-19.

“Permasalahan UMKM saat pandemi menjadi tantangan kita di wilayah ritel dan juga UMKM. Pelatihan ini menjadi cara agar UMKM Ciamis terus bertahan meski dalam kondisi sulit,” jelasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis Toto Marwoto mengatakan pelatihan wirausaha ini merupakan progress visioner terutama dimasa pandemi untuk membangkitkan ekonomi.

“Karena berbicara dunia usaha bicara kapasitas human resources dan human capability. Sehingga perlu peningkatan sumber daya manusianya terlebih dahulu agar bisa menghasilkan produk terbaik dan berdaya saing global,” Ujarnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU