Minggu, Mei 26, 2024

Balai Ternak Baznas di Ciamis Diresmikan, Upaya Menuju Kemandirian Ekonomi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Balai Ternak Baznas. Balai tersebut merupakan program bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat dan Provinsi Jabar.

Peresmian Balai Ternak Baznas itu digelar di Kelurahan Linggasari, Kamis (5/10/2023).

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menuturkan balai Ternak tersebut merupakan salah satu upaya mewujudkan visi Ciamis. Yakni kemandirian ekonomi yang sejahtera untuk semua warganya.

Yana menyebut hadirnya balai ternak itu menjadi solusi untuk mensejahterakan masyarakat. Zakat adalah instrumen ekonomi guna mengatasi kemiskinan dan juga kesenjangan sosial.

“Hakikatnya, zakat merupakan pembersihan harta, digunakan untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Yana menilai perkembangan Baznas Ciamis menunjukan tren positif. Baznas Ciamis memiliki prestasi luar biasa, seperti menjadi juara umum dalam Baznas Awards tingkat Jabar. Hal ini membuktikan pengelolaan zakat, infak dan sedekah di Ciamis semakin membaik.

Pemkab Ciamis pun berkomitmen untuk mendukung terus Baznas, dengan regulasi dan juga program pemberdayaan Baznas. Yana pun mendorong Baznas supaya dapat merumuskan program yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah.

Ketua Baznas Jawa Barat Anang Jauharrudin mengatakan program ini balai ternak ini merupakan adopsi dari program Baznas RI. Ini merupakan bentuk apresiasi atas prestasi Baznas Ciamis sebagai juara umum dalam Baznas Awards tingkat Jawa Barat.

“Program ini bukan hanya milik Baznas, tetapi merupakan hasil dari sumbangan dana ZIS yang dikumpulkan oleh umat. Kemudian diberdayakan untuk kepentingan umat itu sendiri,” tuturnya.

Dia menekankan pentingnya peran Baznas dalam mendukung program pemerintah yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

“Dengan harapan Baznas dapat lebih memberdayakan masyarakat, terutama dalam ruang-ruang yang belum tercakup oleh dinas-dinas terkait,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya