Sabtu, Mei 18, 2024

Atap Rumah Warga di Rajadesa Ciamis Ambruk saat Hujan Deras

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan rumah Emuh (50), warga Dusun Kutasari, Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Selasa (17/1/2023) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun pemilik rumah mengalami kerugian materil. Kini kondisi rumah semi permanen tersebut mengalami bocor.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Anwar Hidayat membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat ada rumah semi permenan yang rusak. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Rajadesa.

“Kami langsung datang ke lokasi ternyata benar rumah milik Emuh ambruk pada bagian atapnya,” ujarnya kepada wartawan.

Anwar menjelaskan kondisi rumah semi permanen milik Emuh tersebut memang sudah lapuk. Kemudian hujan deras yang turun setiap hari dengan angin kencang memperparah kondisi bangunan hingga ambruk.

“Tidak ada korban jiwa, penghuni rumah selamat dari reruntuhan atap yang ambruk,” ungkapnya.

Setelah mengetahui atap rumah milik Emuh ambruk, pihak Tagana langsung melaporkan kejadian itu kepada pemerintah desa setempat dan instansi terkait.

“Upaya yang kami lakukan dengan mengevakuasi barang-barang berharga. Sedangkan atap rumah yang bocor kami tutup,” paparnya.

Meski kondisi atap rumah ambruk, namun pemilik rumah tidak mengungsi dan memilih bertahan. Namun petugas mengingatkan agar pemilik rumah mengungsi ketika terjadi hujan deras, karena khawatir rumah kembali ambruk.

“Saya sarankan saat hujan sebaiknya mengungsi untuk mencegah ferjadi hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya