Minggu, Juni 16, 2024

Agun Gunandjar Sudarsa Usulkan Dana Untuk Desa Agar Disinergikan

Ciamis (Djavatoda.com),- Anggota komisi XI DPR RI dari dapil X Drs Agun Gunandjar Sudarsa mengusulkan supaya dana untuk desa baik dari APBD maupun APBN disinergikan untuk kemandirian dan kesejahteraan rakyat. Agung selalu meyampaikan usulan tersebut dalam setiap rapat DPR RI.

“Saya selalu mengusulkan dan katakan demikian, ini berdasarkan dari hasil kunjungan saya ke desa-desa. Setelah terbitnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” ujar Agun Gunandjar Sudarsa saat reses ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (30/10/2020).

Agun menyatakan sinergitas tersebut itu harus diusulkan karena yang terjadi saat ini tidak demikian. Beberapa program dana untuk desa mulai dari APBN, ADD dari APBD Provinsi dan APBD Kota/Kabupaten berjalan masing-masing. Bahkan bisa tumpang tindih terhadap program di desa.

Menurut Agun, hal ini dapat menyebabkan pembangunan menjadi tidak fokus bahkan ada yang tumpang tindih pada pelaksanaannya. Sehingga pemerintah desa tidak mampu berbuat sesuatu, karena dana tersebut sudah ditentukan dari kebijakan sesuai programnya.

“Saya mengusulkan ke Pemerintah, dalam hal ini adalah Kepala Bappenas dan Menteri Kuangan agar mengintegrasikan dan mensinergikan seluruh program dana untuk desa. Baik dari APBN, APBD. Juga kepada Badan Pemerksa Keuangan dapat mengaudit secara menyeluruh untuk dana tersebut,” ucap Agun.

Agun mkenyatakan hal ini akan berdampak terhadap perubahan yang signifikan untuk kemanjuan rakyat. Terutama dari ketimpangan terhadap kemiskinan,” pungkas Agun. (AY/CN/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya