Selasa, Juli 9, 2024

Ada Desa Estetik di Ciamis, Begini Penampakannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini bikin betah dan menarik untuk dikunjungi. Desa ini nampak terlihat estetik, bersih dan ada terowongan besi yang menarik monumental bernama Jembatan Gaspol.

Nama lokasinya adalah Desa Sukamulya, di Kecamatan Baregbeg. Jalan mulus di desa ini nampak estetik. Di beberapa titik terdapat sejumlah halte dan papan penunjuk jalan yang terbuat dari besi, mirip seperti di daerah perkotaan.

Di beberapa lokasi di sepanjang jalan Desa Sukamulya ini juga ada beberapa taman dengan ornamen tabung besi yang berdiri kokoh. Ada juga ruang terbuka hijau lengkap dengan spot selfie, bangku-bangku dan arena bermain anak.

Yang paling menarik dari desa ini adanya terowongan besi dengan nama Jembatan Gaspol. Banyak warga luar wilayah sengaja datang hanya untuk melihat dan berswafoto dengan latar jembatan tersebut.

Usut punya usut wajah desa yang estetik itu dibangun oleh komunitas pengusaha dengan anggota hingga 100 pengusaha bernama Replika (Remaja Peduli Kampung Halaman) dan komunitas Gaspol (Gerakan Anak Sukamulya Opsih Lingkungan).

“Pertama biar yang rantau ke kota inget lagi kampung. Kalau kampung dibangun dengan rapi, bersih, orang perantau tidak lagi merasa pulang kampung tapi suasanya sama. Intinya ini kami bangun supaya ingat kampung,” ujar H Abun Bunyamin, Presiden Komunitas Replika.

Pria yang biasa disapa Haji Abun ini menjelaskan pembangunan desa itu berasal dari sumbangan para pengusaha warga sendiri yang merantau. Sumbangan itu tidak dipatok alias seikhlasnya.

Hal itu dilakukan karena jiwa persatuan yang kuat, para pengusaha menyadari semua berusaha sama-sama dari bawah, sehingga tinggal berusaha untuk membangun kampung halaman.

“Sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” jelas Haji Abun.

Terowongan Besi yang Monumental di Desa Estetik

Terkait terowongan besi yang viral, Haji Abun menjelaskan terowongan atau jembatan Gaspol itu sebetulnya dibuat dari besi limbah bekas gulungan plat. Kemudian disatukan dengan cara pakai las hingga membentuk terowongan.

Tak hanya itu saja, sejumlah ornamen taman dan halte yang ada di sepanjang Jalan Desa Sukamulya itu dibuat dari besi dari perusahaan Haji Abun.

“Bahan bakunya dari saya, lalu dibangun oleh warga komunitas Gaspol. Bikin desa jadi indah. Justru desa juga ikut bangga yang jelas pembangunan tidak tumpang tindih,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bahu Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Ciamis Ambruk, Lalu Lintas Terganggu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bahu Jembatan di jalan penghubung antar kecamatan di Dusun Kertajaga, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ambruk. Jalan itu menghubungkan Kecamatan...

Fathan Al Maizan Zhapar Raih Juara 2 Cabor Senam Tingkat Provinsi Jawa Barat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Fathan Al Maizan Zhapar berhasil meraih Juara 2 Cabor Senam Nomor Meja Lompat ajang O2SN Tingkat Provinsi Jawa Barat. Ajang itu...

Rumah Milik Warga Maleber Ciamis Ini Ambruk, Diduga Karena Sudah Lapuk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Aip Arifin warga Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk pada Sabtu (6/7/2024) lalu. Beruntung dalam musibah tersebut...

HKP Ke-52 Ciamis, Tingkatkan Kemandirian dan Swasembada Pangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 52, di Lapangan Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Senin (08/07/2024). Kegiatan tersebut terselenggara...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya