Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ada Batasan Usia, Keberangkatan Koniah Calon Haji Ciamis Tertunda

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Keberangkatan 585 orang calon jemaah haji asal Ciamis tahun 2022 tertunda setelah adanya pembatasan usia 65 tahun. Seperti pasangan lansia Koniah (75) dan Maman (85) asal Kalapajajar, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang harus sabar menunggu tahun berikutnya.

Sebelumnya, keduanya terjadwal akan berangkat pada tahun 2020 lalu, setelah mendaftar tahun 2012. Namun karena pandemi Covid-19, Arab Saudi menutup ibadah haji selama 2 tahun. Arab Saudi kemudian kembali membuka ibadah haji pada tahun 2022 ini. Tapi, ada kebijakan pembatasan usia, Koniah dan Maman yang usianya sudah lewat 65 tahun jadi tidak bisa berangkat.

Keberangkatan Calon haji Ciamis ini tertunda dan entah sampai kapan akan berangkat. Mengingat kebijakan mengenai ibadah haji tergantung dari Arab Saudi.

Menanggapi hal tersebut, Koniah bersama suaminya mengaku pasrah dan tidak ambil pusing. Sikapnya lebih legowo dan menerima hal ini sebagai takdir dan kepastian dari sang pencipta.

“Ya mungkin belum ada panggilan dari Alloh. Meskipun sudah ikhtiar, persiapan sudah, juga sudah lunas. Kalau kehendaknya belum berangkat ya mungkin belum. Kalau sudah waktunya insyalloh berangkat,” ujar Koniah. Ia tinggal di di Jalan Rumah Sakit, blok Kalapajajar, Kelurahan Ciamis, Kamis (12/5/2022).

Koniah mengaku bisa mendaftar calon haji berkat anaknya pada tahun 2012 lalu. Setelah mendaftar di KBIH Al Hasan, keduanya mengikuti sejumlah tahapan dari pembinaan sampai manasik. Namun ternyata ada penutupan ibadah haji oleh Arab Saudi.

“Setelah 2 tahun menunggu keberangkatan, sekarang ada pengumuman lagi katanya yang usianya di atas 65 tahun belum bisa berangkat tahun ini. Kalau kebijakannya seperti itu ya pasrah saja,” ungkapnya.

Walaupun gagal berangkat tahun ini, Koniah mengaku tidak akan mengambil ongkos haji yang telah lunas tersebut. Ia dan suaminya masih berharap bisa ke tanah suci tahun depan.

“Insyalloh kalau ada waktunya berangkat. Semuanya sudah siap tinggal berangkat. Menunggu dipanggil oleh Alloh SWT,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya